PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND “TELOR ASIN CAH ANGON” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Authors

  • M. Pamuji Prastyo Juniko Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Toto Haryadi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9226

Abstract

Telor Asin Cah Angon merupakan salah satu toko makanan oleh-oleh khas Brebes yang sudah sejak tahun 2004 dan masih eksis hingga sekarang. Akan tetapi, visual identitas Telor Asin Cah Angon belum bisa mewakili jenis usahanya. Penelitian untuk perancangan ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam upaya meningkatkan brand awareness perusahaan melalui perancangan ulang visual brand Telor Asin Cah Angon. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif, analisis Brand Identity, 5W+1H, dan SWOT sebagai metode pengelolahan data. Perancang logo menggunakan teori logo David E. Carter. Hasil dari perancangan ini yaitu pembuatan Logo sebagai visual identitas utama dari perusahaan melalui media utama berupa GSM, dan media pendukung berupa Seragam, Kemasan, X-Banner, Poster dan Stiker.

References

dok. (2020). Teori GSM Graphic Standard Manual Komposisi dalam Desain. 123dok.

Abdulqodir, A. (2018). Redesign, Rebranding. Sudut Semesta.

AGUS PRIYADI S.Ds., M. (2021). Apa Itu SuperGraphic? Universitas Stekom.

Ahrom, M. A. (2022). Perkembangan Industri Telur Asin Di Brebes – Bagian 1. MA Al Ahrom.

Alexandromeo. (2022). Apa Itu Logo? Pengertian dan Pentingnya Memiliki Logo. makin rajin.com.

Binus. (2019). Teori Gestalt Dalam Mendesain UI – Part 1. Binus University.

Binus. (2020). Fungsi, Tujuan, dan Manfaat Branding. Binus University.

Binus. (2021). Apa itu Reputasi? Binus University.

designs, p. (2021). Pengaplikasian Teori Gestalt Pada Desain Logo. assiondesigns.co.id.

Herawati, A. (2021). Pengertian Rebranding, Fungsi, dan Strategi Melakukannya. Kledo.

Ismi, T. (2021). Visual Identity, Faktor Penting dalam Membentuk Persepsi Konsumen. Glints.

Itsnaini, F. M. (2021). Pengertian Desain, Fungsi, dan Tujuannya. detikEdu.

Meliana, M. (2023). Membangun Identitas Merek yang Kuat dengan Supergrafis. metamorphosys2 .

Nasional, P. K. (2021). Bisnis Mendunia Telur Asin Brebes. Pekan Kebudayaan Nasional.

Ramadhana. (2022). Segmentasi Audiens: Pengertian, Jenis, Dan Cara Menentukan. vocasia.id.

Rasyid, S. (2023). Sejarah Telur Asin Khas Brebes, Berawal dari Tradisi Tionghoa. merdeka.com.

Salim, S. (2022). Analisis Target Audience. www.scribd.com.

Salim, S. (2022). Analisis Target Audience. www.scribd.com.

SEO, D. (2022). Apa Itu Jurusan DKV dan Prospek Kerjanya. UMN University.

Yulianto, H. S. (2023). Contoh Segmentasi Pasar beserta Jenisnya. www.bola.com.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Juniko, M. P. P., & Haryadi, T. (2023). PERANCANGAN ULANG VISUAL BRAND “TELOR ASIN CAH ANGON” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. CITRAKARA, 5(2), 208–228. https://doi.org/10.33633/ctr.v5i2.9226

Issue

Section

Articles