PERANCANGAN MERCHANDISING PIJAR PARK SEBAGAI WANA WISATA UNTUK DAYA TARIK WISATA

Abdullah Fitria Arif, Agus Setiawan

Abstract


Berdiri sejak 2021, Pijar Park merupakan salah salah satu usaha yang baru bergerak di industri jasa bidang pariwisata. Selama 5 bulan berjalan, Pijar Park hanya melakukan promosi di sosial media yang kurang terkonsep sehingga mengakibatkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis, Pijar Park memerlukan strategi promosi baru yang lebih terkonsep yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Perancangan merchandise diharapkan mampu menjadi media efektif untuk promosi dan menjadi daya tarik wisata dengan menjadikannya sebagai souvenir. Penelitian untuk perancangan ini menggunakaan metode SWOT. Hasil dari perancangan merchandise ini berupa windows display, etalase toko, serta artikel merchandise dengan media pendukung berupa banner dan lookbook.

Full Text:

PDF

References


A, Yoeti, Oka. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa, Bandung.

Dalma. (2021, Juli 25). Pengertian Merchandise. Retrieved from dosenpintar.com:

https://dosenpintar.com/pengertian-merchandise/

Gie. (2020, November 18). Visual Merchandising: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Melakukannya.

Retrieved from accurate.id: https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-lenngkap-visualmerchandising/

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran . Jakarta: PT Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Setiawan. (2021, oktober 30). Pengertian Promosi Tujuan, Fungsi, Komponen, Bentuk, Para Ahli.

Retrieved fro gurupendidikan.co.id: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-promosi/

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:

Erlangga.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7719

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0