VISUAL BRANDING ELEMENT UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM DESAIN JAKET VARSITY (STUDI KASUS PADA STUDIO DESAIN VISORY)

Authors

  • Yon Ade Lose Hermanto Universitas Negeri Malang
  • Moch. Abdul Rohman Universitas Negeri Malang
  • Habiburrahman Hakim Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7683

Abstract

Merchandise official Universitas Negeri Malang (UM) kurangdiminati karena sifatnya yang formal, kaku, dan kurang menarikuntuk digunakan di luar kampus. Perancangan ini dibentuk untukmendukung branding UM sekaligus meningkatkan minat civitasUM menggunakan merchandise UM. Merchandise dapat digunakansebagai sarana pendukung branding serta menjadi incomegenerating untuk UM yang kini menyandang status sebagaiPerguruan Tinngi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Perancanganini menggunakan metode perancangan dari Alina Wheeler. Dalamproses perancangan, perancang bekerja melalui studiocreativepreneur perancang yakni Visori sebagai tim perancangan.Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain angket,wawancara dengan tim branding UM, dan observasi. Prosesperancangan dimulai dari pengumpulan data, menentukankebutuhan perancangan, merancang elemen visual kasual untukjaket merchandise, tahap produksi, pengambilan gambar untukpromosi, hingga pemasaran. Hasil dari perancangan ini adalah jaketvarsity dengan elemen visual kasual yang mendukung branding UMyang dapat digunakan secara kasual atau tidak kaku. Produkdiunggah ke Instagram akun @visori.university dan Tokopedia agardapat dibeli oleh konsumen.

References

Alfa Hartoko; Whindy Yoevestian. (2011). Desain merchandise pilihan / Alfa Hartoko ; editor,

Whindy Yoevestian. Jakarta :: Elex Media Komputindo,.

Caesaria, S. D. (2022). Daftar 21 PTN-BH di Indonesia, Apa Itu PTN-BH?

https://www.kompas.com/edu/read/2022/10/27/102204071/daftar-21-ptn-bh-di-indonesia-apaitu-ptn-bh?page=all

Diedit. (2022). Arti Warna Putih dan Karakter Kepribadiannya - diedit.com.

https://www.diedit.com/arti-warna-putih/

Fadhillah, K. (2020). Strategi Visual Marketing untuk Meningkatkan Minat Customer.

https://www.jojonomic.com/blog/strategi-visual-marketing/

Fitinline. (2019, May 29). Sejarah dan Perkembangan Model Jaket Varsity Serta Bahan Yang Sering Digunakan Untuk Membuatnya. https://fitinline.com/article/read/sejarah-danperkembangan-model-jaket-varsity-serta-bahan-yang-sering-digunakan-untuk-membuatnya/

Fontsfamily. (2015). Varsity Font Free Download. https://freefontsfamily.com/varsity-font-familyfree-download/

Hasanah, S. (2022). Sejarah, Fakta, dan Makna Warna Ungu yang Perlu Diketahui.

https://kamini.id/makna-warna-ungu/

Hermanto, Yon Ade Lose (2021). Creative Process in Creating Letters Design. International

Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021): Altantis Press Advances in

Social Science, Education and Humanities Research, volume 612

Hermanto, Yon Ade Lose (2022). Collaboration Between Typography and Visual Narrative to

Strengthen the Communication Delivery Process. KnE Publishers: International Conference on

Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS) volume 2022

I Komang Dewanta Pendit. (2019). Strategi promosi melalui media desain poster dalam pencitraan

publik. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 7(5), 192–210.

https://doi.org/10.5281/zenodo.3900626

Kurniasih, W. (2022). 11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya - Best Seller Gramedia.

https://www.gramedia.com/best-seller/arti-warna-dalam-psikologi-dan-filosofinya/

Merna. (2022). Filosofi Warna Kuning, Tidak Hanya Melambangkan Keceriaan dan Kebahagiaan

Saja, Lho! | Orami. https://www.orami.co.id/magazine/filosofi-warna-kuning

Rofi’udin, A. (2016, January 25). Our Director’s Introduction. http://piu-idb.um.ac.id/en/ourdirectors-introduction/

Shinta, A. (2022). Pengertian Mockup, Fungsi, dan Perbedaannya dengan Prototype.

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-mockup/

Tezar, A. (2022). Sejarah Jaket Varsity (Letterman Jacket) » Ozza Konveksi.

https://ozzakonveksi.com/sejarah-jaket-varsity/

UM. (2019). Katalog Resmi UM. 7.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity. New Jersey : John Wiley & Sons., 2018.

Lexy J. Moleong (penulis). (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J.

Moleong, M.A.. Bandung :: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Hermanto, Y. A. L., Rohman, M. A., & Hakim, H. (2022). VISUAL BRANDING ELEMENT UNIVERSITAS NEGERI MALANG DALAM DESAIN JAKET VARSITY (STUDI KASUS PADA STUDIO DESAIN VISORY). CITRAKARA, 4(4), 466–489. https://doi.org/10.33633/ctr.v4i4.7683

Most read articles by the same author(s)