DESTINATION BRANDING SENTRA TENUN TROSO SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BUDAYA

Authors

  • Zara Maulidia Hikmah Universitas Dian Nuswantoro
  • Siti Hadiati Nugraini Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5098

Abstract

Tahun 2010 Desa Troso ditetapkan sebagai Desa Wisata Atraksi Tenun, hal ini dikarenakan potensi yang dimiliki Desa Troso layak dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata pada sektor seni dan budaya. Namun, potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal, sehingga belum menjangkau audience yang luas dan membentuk brand awareness dari masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya sebuah konsep destination branding yang dapat mengemas potensi Desa Wisata Budaya Sentra Tenun Troso. Metode penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, observasi, studi pustaka dan internet. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode SOAR. Hasil analisis adalah konsep destination branding yang mengemas potensi Sentra Tenun Troso melalui media utama logo, tagline, dan media pendukung seperti, website, social media ads, brosur dan merchandiseTahun 2010 Desa Troso ditetapkan sebagai Desa Wisata Atraksi Tenun, hal ini dikarenakan potensi yang dimiliki Desa Troso layak dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata pada sektor seni dan budaya. Namun, potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal, sehingga belum menjangkau audience yang luas dan membentuk brand awareness dari masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya sebuah konsep destination branding yang dapat mengemas potensi Desa Wisata Budaya Sentra Tenun Troso. Metode penelitian untuk perancangan ini adalah metode kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, observasi, studi pustaka dan internet. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode SOAR. Hasil analisis adalah konsep destination branding yang mengemas potensi Sentra Tenun Troso melalui media utama logo, tagline, dan media pendukung seperti, website, social media ads, brosur dan merchandise.

References

Christian, Johanna Angelia. Perancangan Media Komunikasi Visual Destination Branding Kampung Lawas Maspati Kota Surabaya. Surabaya : Universitas Kristen Petra

Desa Wisata Gamplong Yogyakarta, Artikel laman, https://gudeg.net/direktori/1155/desa-wisata-gamplong-yogyakarta.html (Diakses pada : 6 Januari 2021, 10:50)

Diskominfo Kabupaten Jepara. 2019. Empat Motif Tenun Troso Segera Dipatenkan 111 Sudah Terdaftar HKI, Artikel laman, https://jepara.go.id/2019/07/18/empat-motif-tenun-troso-segera-dipatenkan-111-sudah-terdaftar-hki/ (Diakses pada : 22 Oktober 2020, 8:59)

Diskominfo Kabupaten Jepara. 2020. Festival Tenun Troso Jadi Agenda Tahunan di Kabupaten Jepara, Artikel laman, https://jepara.go.id/2020/03/05/festival-tenun-troso-jadi-agenda-tahunan-di-kabupaten-jepara/ (Diakses pada : 22 Oktober 2020, 8:22)

Elisabeth, Stevani. 2019. Desa Tlingsing Sentra Kain Lurik di Klaten, Artikel laman, https://sinarharapan.net/2019/10/desa-tlising-sentra-kain-lurik-di-klaten/ (Diakses pada : 18 Januari 2021, 12.16)

Farhanas, Suciati (2018) Destination Branding Gunung Pinang Sebagai Tujuan Wisata Kabupaten Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten

Hestanto web, Konsep Logo Menurut Cendekiawan, Artikel laman, https://www.hestanto.web.id/konsep-logo-menurut-cendekiawan/ (Diakses pada : 12 November 2020, 11:03)

K, Nanang Irham (2018) Destination Branding Demak Sebagai Kota Tujuan Wisata Religi. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Maharani, Zaki (2020) Perencanaan Lanskap Wisata Budaya Sentra Tenun Desa Troso, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Institut Pertanian Bogor, Bogor

Maulida, Desi (2016) Tourism Destination Branding: Analisis Strategi Branding Wisata Halal “The Light Of Aceh”

Michandani, Eka Sita dan I Nyoman Sukma Arida (2019) Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Universitas Udayana, Bali

Pandu, Yesi. 2018. Pentingnya Menciptakan Brand yang Kuat di Suatu Destinasi Pariwisata, Artikel laman, https://pemasaranpariwisata.com/2018/01/25/brand-destinasi/ (Diakses pada : 30 Juni 2021 10:38)

Prabowo, Hanung. 2013. Ayo Kunjungi Desa Wisata Tlingsing Desa Sentra Tenun ATBM Lurik, Artikel laman, https://www.kompasiana.com/hanungprabowo/552e00fa6ea834b9188b4567/ayo-kunjungi-desa-wisata-tlingsing-desa-sentra-tenun-atbm-lurik (Diakses pada : 18 Januari 2021, 12.21)

Soekanto, Astin. 2020. Ke Klaten Menguak Kisah Kain Tenun Lurik, Artikel laman, https://astinsoekanto.com/ke-klaten-menguak-kisah-kain-tenun-lurik/ (Diakses pada : 18 Januari 2021, 01.06)

Triyono, Joko. Strategi Pengembangan Desa Wisata Tenun Ikat Troso Di Jepara, Jawa Tengah. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo, Yogyakarta

Visi dan Misi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabipaten Jepara, Artikel laman, https://disparbud.jepara.go.id/visi-dan-misi/ (Diakses pada : 27 Desember 2020, 2:36)

Website Resmi Desa Troso. Sejarah Masjid Datuk Ngampel, Dulu Hanya Tujuh Meter Persegi, Mengapa Kini Jadi Megah?, Artikel laman, http://troso.jepara.go.id/index.php/artikel/2020/8/21/sejarah-masjid-datuk-ngampel-dulu-hanya-tujuh-meter-persegi-mengapa-kini-jadi-megah (Diakses pada : 28 Desember 2020, 9:49)

Wijanarko, Kukuh Dwi. 2018. Visual Branding Tenun Troso Kabupaten Jepara Sebagai Strategi Komunikasi Wisata. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Zahro, rd. 2020. Desa Troso, Sentra Tenun Tradisional khas Jepara, Artikel laman, https://brisik.id/read/54822/desa-troso-sentra-tenun-tradisional-khas-jepara (Diakses pada : 22 Oktober 2020, 9:04)

Downloads

Published

2021-04-27

How to Cite

Hikmah, Z. M., & Nugraini, S. H. (2021). DESTINATION BRANDING SENTRA TENUN TROSO SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA BUDAYA. CITRAKARA, 3(1), 18–30. https://doi.org/10.33633/ctr.v3i1.5098

Issue

Section

Articles