PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MENGENALKAN BATIK EKA DI KOTA SEMARANG

Salsabila Prasinta, Annas Marzuki Sulaiman

Abstract


Batik Eka merupakan UMKM di Semarang yang bergerak di
bidang usaha kain batik sejak tahun 2005. Menurut pemilik
Batik Eka dia ingin meningkatkan penjualannya di wilayah
Kota Semarang, dan diketahui, masih banyak masyarakat
Kota Semarang yang belum mengenal Batik Eka. Oleh
karena itu Batik Eka membutuhkan perancangan media
promosi yang komunikatif dan menarik. Metode penelitian
untuk perancangan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi kreatif
yang efektif sesuai dengan karakteristik pasar dalam
kegiatan promosi. Media yang dipilih adalah spanduk
sebagai media utamanya, dengan media pendukung lain
seperti Neon Box (papan nama), x-banner, poster, brosur,
stiker dan konten instagram. Diharapkan dengan
perancangan iklan ini dapat meningkatkan penjualan dalam
waktu jangka pendek dan meningkatkan brand awareness
dalam waktu jangka panjang terhadap masyarakat
Semarang.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembilan.Bandung :

CV. Alfabeta.

Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan

pengendalian. Bandung : CV. Linda Karya.

Ebert, J. Ronald, Ricky W. Griffin. (2000). Bussines Essentials. New Jersey : Prentice Hall.

Griffin, Ricky W., Ronald J. Ebert. (2009). Bussines edisi Kedelapan. New Jersey : Prentice Hall.

Huda. Dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama.Depok : Kencana.

Joko P. 2013. Perancangan Media Promosi Batik Rajawali Pekalongan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.

Kasali, Rhenald.1995. Manajemen Periklanan, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Anem Kosong.

Kotler, Philip, Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT

Indeks Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2013. Management Periklanan : Teori dan Praktek. Malang : UB Press.

Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Marzuki Sulaiman, Annas. 2016. Komunikasi Pemasaran dan Branding. Surakarta : PT IndopustakaSinergis

Musman, Asti dan Arini, Ambar B. 2011. Batik Warisan Adiluhung. Jogja:G-Media

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sanyoto, Sadjiman. E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta:

Dimensi Press.

Sulistyorini, Indah & Birmanti Setia Utami. 2018. Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus untuk

Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi

Visual & Multimedia, Vol. 04 (02), 173-187.

Supriono, Primus. 2017. Pengertian Batik.

http://alonabatik.com/berita/detail/pengertian-batik-40287.html (diakses tanggal 21 Juli 2020)

Wulandari. dkk. 2011. Batik Nusantara : Makna Filosofis, cara pembuatan dan industry batik.

Yogyakarta: Andi




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4913

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 400 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0