PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MENGENALKAN BATIK EKA DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4913Abstract
Batik Eka merupakan UMKM di Semarang yang bergerak dibidang usaha kain batik sejak tahun 2005. Menurut pemilikBatik Eka dia ingin meningkatkan penjualannya di wilayahKota Semarang, dan diketahui, masih banyak masyarakatKota Semarang yang belum mengenal Batik Eka. Olehkarena itu Batik Eka membutuhkan perancangan mediapromosi yang komunikatif dan menarik. Metode penelitianuntuk perancangan menggunakan pendekatan kualitatifdengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi kreatifyang efektif sesuai dengan karakteristik pasar dalamkegiatan promosi. Media yang dipilih adalah spanduksebagai media utamanya, dengan media pendukung lainseperti Neon Box (papan nama), x-banner, poster, brosur,stiker dan konten instagram. Diharapkan denganperancangan iklan ini dapat meningkatkan penjualan dalamwaktu jangka pendek dan meningkatkan brand awarenessdalam waktu jangka panjang terhadap masyarakatSemarang.References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembilan.Bandung :
CV. Alfabeta.
Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan
pengendalian. Bandung : CV. Linda Karya.
Ebert, J. Ronald, Ricky W. Griffin. (2000). Bussines Essentials. New Jersey : Prentice Hall.
Griffin, Ricky W., Ronald J. Ebert. (2009). Bussines edisi Kedelapan. New Jersey : Prentice Hall.
Huda. Dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama.Depok : Kencana.
Joko P. 2013. Perancangan Media Promosi Batik Rajawali Pekalongan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.
Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.
Kasali, Rhenald.1995. Manajemen Periklanan, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Anem Kosong.
Kotler, Philip, Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT
Indeks Gramedia.
Kriyantono, Rachmat. 2013. Management Periklanan : Teori dan Praktek. Malang : UB Press.
Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Marzuki Sulaiman, Annas. 2016. Komunikasi Pemasaran dan Branding. Surakarta : PT IndopustakaSinergis
Musman, Asti dan Arini, Ambar B. 2011. Batik Warisan Adiluhung. Jogja:G-Media
Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Sanyoto, Sadjiman. E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta:
Dimensi Press.
Sulistyorini, Indah & Birmanti Setia Utami. 2018. Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus untuk
Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi
Visual & Multimedia, Vol. 04 (02), 173-187.
Supriono, Primus. 2017. Pengertian Batik.
http://alonabatik.com/berita/detail/pengertian-batik-40287.html (diakses tanggal 21 Juli 2020)
Wulandari. dkk. 2011. Batik Nusantara : Makna Filosofis, cara pembuatan dan industry batik.
Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila Prasinta, Annas Marzuki Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0