PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MENGENALKAN BATIK EKA DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Salsabila Prasinta Universitas Dian Nuswantoro
  • Annas Marzuki Sulaiman Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4913

Abstract

Batik Eka merupakan UMKM di Semarang yang bergerak dibidang usaha kain batik sejak tahun 2005. Menurut pemilikBatik Eka dia ingin meningkatkan penjualannya di wilayahKota Semarang, dan diketahui, masih banyak masyarakatKota Semarang yang belum mengenal Batik Eka. Olehkarena itu Batik Eka membutuhkan perancangan mediapromosi yang komunikatif dan menarik. Metode penelitianuntuk perancangan menggunakan pendekatan kualitatifdengan analisis SWOT untuk mendapatkan strategi kreatifyang efektif sesuai dengan karakteristik pasar dalamkegiatan promosi. Media yang dipilih adalah spanduksebagai media utamanya, dengan media pendukung lainseperti Neon Box (papan nama), x-banner, poster, brosur,stiker dan konten instagram. Diharapkan denganperancangan iklan ini dapat meningkatkan penjualan dalamwaktu jangka pendek dan meningkatkan brand awarenessdalam waktu jangka panjang terhadap masyarakatSemarang.

References

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembilan.Bandung :

CV. Alfabeta.

Djaslim Saladin. (2007). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan

pengendalian. Bandung : CV. Linda Karya.

Ebert, J. Ronald, Ricky W. Griffin. (2000). Bussines Essentials. New Jersey : Prentice Hall.

Griffin, Ricky W., Ronald J. Ebert. (2009). Bussines edisi Kedelapan. New Jersey : Prentice Hall.

Huda. Dkk. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi Edisi Pertama.Depok : Kencana.

Joko P. 2013. Perancangan Media Promosi Batik Rajawali Pekalongan. Skripsi. Tidak Diterbitkan.

Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Dian Nuswantoro: Semarang.

Kasali, Rhenald.1995. Manajemen Periklanan, Cetakan Keempat. Jakarta: PT Anem Kosong.

Kotler, Philip, Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid I. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT

Indeks Gramedia.

Kriyantono, Rachmat. 2013. Management Periklanan : Teori dan Praktek. Malang : UB Press.

Lisbijanto, Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Marzuki Sulaiman, Annas. 2016. Komunikasi Pemasaran dan Branding. Surakarta : PT IndopustakaSinergis

Musman, Asti dan Arini, Ambar B. 2011. Batik Warisan Adiluhung. Jogja:G-Media

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Sanyoto, Sadjiman. E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta:

Dimensi Press.

Sulistyorini, Indah & Birmanti Setia Utami. 2018. Perancangan Kemasan Muria Batik Kudus untuk

Memperkenalkan Kebudayaan Lokal Kota Kudus. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi

Visual & Multimedia, Vol. 04 (02), 173-187.

Supriono, Primus. 2017. Pengertian Batik.

http://alonabatik.com/berita/detail/pengertian-batik-40287.html (diakses tanggal 21 Juli 2020)

Wulandari. dkk. 2011. Batik Nusantara : Makna Filosofis, cara pembuatan dan industry batik.

Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Prasinta, S., & Sulaiman, A. M. (2020). PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL UNTUK MENGENALKAN BATIK EKA DI KOTA SEMARANG. CITRAKARA, 2(3), 245–257. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4913