PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK-ANAK

Authors

  • Puji Lestari Universitas Dian Nuswantoro
  • Noor Hasyim Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4911

Abstract

Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yang diadakan dalamprogram Sekolah Adiwiyata diperlukan untuk mengajarkananak-anak mengenai lingkungan termasuk masalahkerusakan lingkungan sedini mungkin. Namun tidak semuasekolah dapat melaksanakan (PLH) karena masalahkurikulum sekolah, dan ketersediaan buku ajar pelajaranPLH. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran baruyang mudah didapatkan oleh siswa dan digunakan kapansaja dimana saja. Pendekatan perancangan ini menggunakanmetode pengumpulan data kualitatif, data yang deperolehmelalui observasi langsung, wawancara dan studi literatur.Sedangkan untuk analisis data menggunakan metode5W+1H dan analisis media menggunakan metode MDLC(Multimedia Development Life Cycle). Hasil analisismenunjukan bahwa media aplikasi mobile adalah mediayang tepat untuk dijadikan media alternatif dalampembelajaran PLH. Melalui Perancangan ini anak- anakdapat menggunakan aplikasi untuk mendapatkan materimengenai kerusakan lingkungan dan mengetahuibagaimana cara penanggulangannya.

References

Jenifer, M. (2014). Reading Contemporary Illustrated Children’s Book. Children’s Literature, 224-

KJPL Indonesia. (2012, januar 15). Komunitas Jurnalis Peduli Lingkunagan. Retrieved from

Pengertian Pendidikan Lingkungan Hidup: http://www.kjpl.or.id/

SIDIA. (2018, September 28). Kelebihan Menggunakan Aplikasi Pembelajaran Sidia SD. Retrieved

from M.SIDIA: http://m.sidia.id

Subana, M. (1988). Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Walker, S. (2012). Describing The Design of Children Bookss: An Analytical Approach. Arts and

Humanities Journal, 180-199.

Luther. (1994). Authoring Interactive Multimedia. Boston: AP Profesional.

Munir. (2012). Multimedia, Konsep & Aplikasi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Koservarsi UNNES. (2014, Febuari 18). Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Hidup. Retrieved

from Bangvasi UNNES: http://konservasi.unnes.ac.id/

Subana, M. (1988). Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-12-20

How to Cite

Lestari, P., & Hasyim, N. (2020). PERANCANGAN APLIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK-ANAK. CITRAKARA, 2(3), 221–230. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i3.4911