PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY ANGKRINGAN 88 SEMARANG

Authors

  • Abdan Akbar Syakuro Universitas Dian Nuswantoro
  • Puri Sulistiyawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4893

Abstract

Angkringan 88 adalah cafe yang menyediakan tempat untukberkumpul, berbincang dan bernostalgia bagi konsumennya,namun Corporate Identity Angkringan 88 belum dirancangdengan baik oleh pengelola Angkringan 88 sehingga logoAngkringan 88 belum dapat menampilkan visual citra didalamlogo dan logo Angkringan 88 masih menyerupai brand lain.Perancangan ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatifdengan mencari data primer berupa wawancara dan observasi,sedangkan data sekunder meliputi media sosial dan studi pustaka.Metode analisis menggunakan analisis prinsip logo, S.W.O.T(Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan brainstormingsebagai alat penetapan strategi kreatif. Konsep perancangan inimenggunakan teknik visual vektor dengan desain utama berupalogo. Media yang dipakai menggunakan Graphic StandardManual dan media pendukung. Dengan adanya Perancanganulang Corporate Identity yang baru ini diharapkan dapatmemperjelas identitas Angkringan 88 bergerak sebagai café yangmenyediakan tempat berkumpul, berbincang dan bernostalgia.

References

Afrilya, Rouli. 2013. "Semiotika." Analisis Semiotika Metafora “Matahari” dalam Film SUNCATCHERS 5.

Akarapi. 2019. Corporate identity.

Al. 1982. "Tujuan logo."

Anggoro. 2000. elemen corporate identity.

Anggoro. 2000. Pengertian Corporate Identity. Jakarta.

Anggoro, M Linggar. 2000. Elemen Corporate Identity. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggoro, M Linggar. 2000. Pengertian corporate identity. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryanto, Hendro. 2012. "Pengertian corporate identity." Surabaya, 136.

Binus. 2012. Analisis soar. Accessed Oktober 25, 2019.

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/TSA?2012?0139%20bab%202%20?

%20tesis%20FINAL.pdf.

budelman, et al. 2010. Peran Tipografi.

Cahayawati, Putu Eka Putri. 2016. "Teori brainstorming." PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE 3.

Docplayer. 2017. Landasan teori warna. Accessed November 5, 2019.

https://docplayer.info/48720253?Bab?4?konsep?desain?4?1?landasan?teori.html.

Hanum, Musyri'ah. 2007. Kiat Menekuni Bisnis Catering, Warung Tenda Angkringan. Yogyakarta.

Kasali, Rhenald. 2003. Pengertian Corporate Identity.

Kusrianto. 2004. Jenis Tipografi.

Lip, Evelyn. 1996. Desain logo.

Mudjiyanto, Bambang, and Emilsyah Nur. 2013. "Semiotika Ikon Indeks Simbol." Semiotika dalam

metode penelitian komunikasi 75.

Murphy, Rowe. 1998. Jenis logo.

Napoles. 1988. "Corporate identity." CORPORATE IDENTITY, SEJARAH DAN APLIKASINYA 75.

Napoles, Veronica. 1987. Corporate identity design. Berkeley: John Wiley & Sons.

Oscario, Angela. 2013. Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Accessed Oktober 24, 2019.

https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3429.

Perdana. 2007. Jenis logo. seperti dikutip, Perdana.

Pratiwi, Ika. 2019. "pengertian swot."

Rustan. 2009. Pengertian gestalt. Jakarta: Gramedia.

Rustan. 2014. Pengertian Layout. Jakarta: Gramedia.

Rustan. 2009. Prinsip gestalt. Jakarta: gramedia.

Downloads

How to Cite

Syakuro, A. A., & Sulistiyawati, P. (2020). PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY ANGKRINGAN 88 SEMARANG. CITRAKARA, 2(2), 127–144. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4893