PERANCANGAN ULANG CORPORATE IDENTITY ANGKRINGAN 88 SEMARANG

Abdan Akbar Syakuro, Puri Sulistiyawati

Abstract


Angkringan 88 adalah cafe yang menyediakan tempat untuk
berkumpul, berbincang dan bernostalgia bagi konsumennya,
namun Corporate Identity Angkringan 88 belum dirancang
dengan baik oleh pengelola Angkringan 88 sehingga logo
Angkringan 88 belum dapat menampilkan visual citra didalam
logo dan logo Angkringan 88 masih menyerupai brand lain.
Perancangan ini menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif
dengan mencari data primer berupa wawancara dan observasi,
sedangkan data sekunder meliputi media sosial dan studi pustaka.
Metode analisis menggunakan analisis prinsip logo, S.W.O.T
(Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan brainstorming
sebagai alat penetapan strategi kreatif. Konsep perancangan ini
menggunakan teknik visual vektor dengan desain utama berupa
logo. Media yang dipakai menggunakan Graphic Standard
Manual dan media pendukung. Dengan adanya Perancangan
ulang Corporate Identity yang baru ini diharapkan dapat
memperjelas identitas Angkringan 88 bergerak sebagai café yang
menyediakan tempat berkumpul, berbincang dan bernostalgia.


Full Text:

PDF

References


Afrilya, Rouli. 2013. "Semiotika." Analisis Semiotika Metafora “Matahari” dalam Film SUNCATCHERS 5.

Akarapi. 2019. Corporate identity.

Al. 1982. "Tujuan logo."

Anggoro. 2000. elemen corporate identity.

Anggoro. 2000. Pengertian Corporate Identity. Jakarta.

Anggoro, M Linggar. 2000. Elemen Corporate Identity. Jakarta: Bumi Aksara.

Anggoro, M Linggar. 2000. Pengertian corporate identity. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryanto, Hendro. 2012. "Pengertian corporate identity." Surabaya, 136.

Binus. 2012. Analisis soar. Accessed Oktober 25, 2019.

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/TSA?2012?0139%20bab%202%20?

%20tesis%20FINAL.pdf.

budelman, et al. 2010. Peran Tipografi.

Cahayawati, Putu Eka Putri. 2016. "Teori brainstorming." PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN

KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE 3.

Docplayer. 2017. Landasan teori warna. Accessed November 5, 2019.

https://docplayer.info/48720253?Bab?4?konsep?desain?4?1?landasan?teori.html.

Hanum, Musyri'ah. 2007. Kiat Menekuni Bisnis Catering, Warung Tenda Angkringan. Yogyakarta.

Kasali, Rhenald. 2003. Pengertian Corporate Identity.

Kusrianto. 2004. Jenis Tipografi.

Lip, Evelyn. 1996. Desain logo.

Mudjiyanto, Bambang, and Emilsyah Nur. 2013. "Semiotika Ikon Indeks Simbol." Semiotika dalam

metode penelitian komunikasi 75.

Murphy, Rowe. 1998. Jenis logo.

Napoles. 1988. "Corporate identity." CORPORATE IDENTITY, SEJARAH DAN APLIKASINYA 75.

Napoles, Veronica. 1987. Corporate identity design. Berkeley: John Wiley & Sons.

Oscario, Angela. 2013. Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Accessed Oktober 24, 2019.

https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3429.

Perdana. 2007. Jenis logo. seperti dikutip, Perdana.

Pratiwi, Ika. 2019. "pengertian swot."

Rustan. 2009. Pengertian gestalt. Jakarta: Gramedia.

Rustan. 2014. Pengertian Layout. Jakarta: Gramedia.

Rustan. 2009. Prinsip gestalt. Jakarta: gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v2i2.4893

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0