PERANCANGAN VISUAL BRANDING LATANSA COLLECTION

Authors

  • Maqdasi Shofurotul Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Sulistiyawati Puri Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3745

Abstract

Latansa Collection merupakan salah satu brand busana muslimah yang berupa abaya arab bordir yang berada di kota Kudus Jawa Tengah. Banyak perusahaan konfeksi yang bermuculan dengan menjual barang yang lebih inovatif dengan promosi yang cukup gencar yang membuat perusahaan yang berdiri terlebih dahulu belum memliki konsep brand kehilangan pasaranya karena persaingan didunia konfeksi sangat ketat sekali. Sedangkan logo latansa collection yang sekarang ini digunakan kurang dikelola dengan baik. Maka usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut butuh adanya perancangan visual brand Latansa Collection. Dengan membuat visual branding, dapat membantu Latansa Collection untuk membangun karakter yang kuat dari brand itu sendiri dimata masyarakat luas. Dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif, data didapatkan menggunakan metode studi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode SWOT yang kemudian kesimpulan analisis SWOT maka terpilihlah strategi dalam upaya untuk membangun citra brand. Latansa sebagai brand abaya arab bordir yang eklusif, berkualitas, elegan, dan simple, maka dilakukan sebuah perancangan logo untuk Latansa Collection dari bentuk,warna, serta konsep yang dapat membentuk citra yang ingin dibangun. Kemudian diterapkan dalam berbagai media seperti stationary, seragam,label, tag price, merchandise, dan katalog digital

References

Kusrianto, Adi. 2007. 2010. Pengantar Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Rustan, Surianto., 2010. Huruf Font Tipografi, Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, D. (2010). Tipografi Dalam Desain Grafis.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Lip, Evelyn. 1996. Desain dan Feng Shui. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nurhadiat, Dedi, 2004. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: PT Grasindo

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis – Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing Daton MFA, 2003. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora Bilson, 2002. Aura Merek 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Supriyono, Rakhmat, (2010). Desain Komunikasi Visual (Teori dan Aplikasinya). Yogyakarta: CV. Andi Publisher (Andi Offset).

Susanto, A.B & Himawan Wijanarko. 2004. Power Branding Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Cetakan 1. Jakarta: Quantum bisnis & manajemen (PT Mizan Publika).

Suwardikun, Didit W. 2000. Merubah Citra Melalui Perubahan Logo. Bandung:ITB Library.

https://studylib.net/doc/10240601/the-three-properties-of-color/, diakses tanggal 8 Desember 2018

http://kelasdesain.com/definisi-tentang-warna/, diakses tanggal 8 Desember 2018

http://edupaint.com/warna/roda-warna/7968-warna-warna-dalam-lingkaran-warna.html, diakses tanggal 8 Desember 2018)

https://www.blogernas.com/2016/07/pengertian-warna-komplementer-dan.html, diakses tanggal 8 Desember 2018

https://www.grafis-media.website/2017/10/Pengertian-warna-analogus-dan-contohnya.html, diakses tanggal 8 Desember 2018

https://utarastudio.wordpress.com/2011/08/11/padu-padan-warna-dalam-rumah/pusat-desain-rumahskema-warna-triadik-2/ , diakses tanggal 8 Desember 2018

https://sekolahdesain.com/harmonisasi-warna-perbedaan-antara-split-komplementer-dengan-triadik/, diakses tanggal 8 Desember 2018

https://interiordesign.id/6-skema-warna-yang-dapat-anda-gunakan-untuk-mempercantik-interiorruang/, diakses tanggal 8 Desember 2018

https://lukekanes.wordpress.com/2016/11/02/mengenal-jenis-jenis-font/, diakses pada tanggal 10 Januari 2020

http://sinau88.blogspot.com/2018/05/membaca-dan-menulis-huruf-hijaiyah_11.html, diakses pada tanggal 15 Januari 2020

Downloads

Published

2020-07-01

How to Cite

Shofurotul, M., & Puri, S. (2020). PERANCANGAN VISUAL BRANDING LATANSA COLLECTION. CITRAKARA, 2(01), 1–13. https://doi.org/10.33633/ctr.v2i01.3745

Issue

Section

Articles