PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL MIMOZE SEMARANG SEBAGAI BRAND CLOTHING

Mohamad Rifki, Siti Hadiati Nugraini

Abstract


Sebuah brand memerlukan media untuk memasarkan jasa atau produk mereka dalam bentuk visual yang dapat berkomunikasi kepada khalayak salah satunya adalah Mimoze yang merupakan salah satu brand clothing yang berada di kota Semarang. Mimoze melakukan pemasaran melalui media sosial Instagram, namun mengalami penurunan yang sangat signifikan dikarenakan Mimoze belum banyak dikenal untuk dapat bersaing di media sosial Instagram. Tujuan dari perancangan ini agar membantu Mimoze untuk lebih dikenal produknya oleh calon konsumen mereka sehingga dapat meningkatkan pemasaran serta dapat bersaing dengan kompetitor yang ada. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif, sedangkan analisis data menggunakan metode SWOT untuk menghasilkan solusi yang terbaik dan tepat sasaran untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh Mimoze. Dalam perancangan ini, media utama yang dibuat yaitu feed Instagram yang berisi penjelasan tentang produk Mimoze dan desain website serta sebuah poster ambient media agar menarik rasa penasaran target audience. Media pendukung yaitu peralatan yang berguna untuk menambah kesan premium yang ditampilkan oleh brand. Melalui media komunikasi visual yang dirancang diharapkan dapat membantu Mimoze agar lebih dikenal produknya dan menarik minat calon konsumen sehingga dapat meningkatkan pemasaran juga bersaing dengan kompetitor yang ada

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengambangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Bharata, Sukma Addy & Dendy Triadi. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Bin Ladjamudin, Al Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Tangerang: Graha Ilmu.

Cangara, Hafied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Dewi, Janita Ike. (2005). Perspektif Baru Dalam strategi Branding. Jakarta: Amara Books. Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra

Aditya Bakti.

Hendratman, Hendi. (2008). Tips n Trix Computer Graphics Design. Bandung: Informatika.

Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi.

Kusrini, dan Andri Koniyo. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Referensi mengenai clothing. http://distromen.blogspot.com/2015/06/perbedaan- distro-dan-clothing.html Diakses pada hari Jumat, tanggal 02 Nopember 2018.

Referensi mengenai clothing. https://www.pabrikamanahgarment.com/produsen- kaos-distro.html Diakses pada hari Jumat, tanggal 02 Nopember 2018.

Referensi mengenai clothing. https://en.wikipedia.org/wiki/Clothing Diakses pada hari Selasa, tanggal 06 Nopember 2018.

Referensi mengenai clothing. http://www.hygmatic.com/en/article/673/perkembangan-clothing-dan-distro- di-indonesia/ Diakses pada hari Selasa, tanggal 06 Nopember 2018.

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirman (Dasar-Dasar Seni dan Desain). Yogyakarta:

Jalasutra.

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi Dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia.

Subhan, Mohamad. (2012). Analisa Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia. Tjiptono, Fandy. (2005). Brand Management and Strategy. Edisi satu. Yogyakarta: Andi. Vardiansyah, Dani. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Widjaja, A.W. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3371

Article Metrics

Abstract view : 262 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0