PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Ilham Teguh Indrianto Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Annas Marzuki Sulaiman Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3365

Abstract

Pulau Tiban merupakan wisata pesisir yang menarik karena keindahanya, terletak di desa Kartika Jaya kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Kartika Jaya. Pada tahun 2017 terjadi abrasi besar yang mengakibatkan rusaknya fasilitas dan bentuk pulau, hal tersebut mengakibatkan menurunnya jumlah pengunjung sampai hampir 90%. Tujuan perancangan ini adalah Merancang media komunikasi visual promosi wisata Pulau Tiban yang efektif, efisien, dan memiliki konsep kreatif agar dapat menarik perhatian dan meningkatkan jumlah pengunjung datang berwisata. Menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT agar dapat menemukan strategi kreatif yang sesuai. Perancangan ini menggunakan promosi persuasif melalui online maupun media cetak agar tepat sasaran serta meyakinkan audiens untuk datang berwisata. Penggunaan media utama promosi berupa feed instagram tentang Pulau Tiban dan media pendukung berupa poster, baliho, umbul umbul, brosur, tiket, dan stiker.

References

Angkouw, Rieka. 2012. Ruang dalam Arsitektur berwawasan perilaku. paper.

Universitas Sam Ratulangi

Djaslim, Saladin dan Yevis Marty Oesman, 2002, Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur

Pemasaran, Cetakan Kedua, Bandung : Penerbit Linda Karya.

Evelina, Nela dkk. 2012. Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi

terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomflexi. Semarang. Universitas

Diponegoro

Gulendra, I wayan.2010. pengertian warna dan tekstur.

Ilham, Endy, 2014. Perancangan media promosi obyek wisata bahari kepulauan

derawan kabupaten berau. Tugas akhir. Universitas Pasundan Bandung

Kadir, Abdul, 2003, “pengertian perancanganâ€, available to

http://rumohkuta.blogspot.com/2013/02/pengertianperancangan.html , diakses

pada Rabu 31 Oktober 2018 pukul 22.19 WIB

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga,

Jakarta

Kriyantono, Rachmat, 2008 Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media

Group,

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

dan Komunikasi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013), h. 169.

Rustan, Surianto. 2014. layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama.

Rustan, Surianto. 2014. Font dan tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain logo. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Sistaningrum, Widyanintyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Jakarta : kanisius

Sitepu, vinsensius. 2004. Panduan mengenal desain grafis. PT elex Media

Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta:

BPFE.

Wardah, lia. 2012. Perancangan Media Presentasi Berupa Slide Company Profile PT.

MAXIMA CIPTA MEDIA sebagai Penunjang Presentasi ke Klien. Kerja praktek.

Stikom Surabaya

Widjaja, Christianto. 2016. Adobe Indesign cetak sampai digital. Widjaja

Yunita,Priscilia. 1999. Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal. Universitas

Kristen Petra

Downloads

Published

2019-12-11

How to Cite

Indrianto, I. T., & Sulaiman, A. M. (2019). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL. CITRAKARA, 1(03), 276–287. https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3365