PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA PULAU TIBAN DI KABUPATEN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v1i03.3365Abstract
Pulau Tiban merupakan wisata pesisir yang menarik karena keindahanya, terletak di desa Kartika Jaya kecamatan Patebon Kabupaten Kendal dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Kartika Jaya. Pada tahun 2017 terjadi abrasi besar yang mengakibatkan rusaknya fasilitas dan bentuk pulau, hal tersebut mengakibatkan menurunnya jumlah pengunjung sampai hampir 90%. Tujuan perancangan ini adalah Merancang media komunikasi visual promosi wisata Pulau Tiban yang efektif, efisien, dan memiliki konsep kreatif agar dapat menarik perhatian dan meningkatkan jumlah pengunjung datang berwisata. Menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT agar dapat menemukan strategi kreatif yang sesuai. Perancangan ini menggunakan promosi persuasif melalui online maupun media cetak agar tepat sasaran serta meyakinkan audiens untuk datang berwisata. Penggunaan media utama promosi berupa feed instagram tentang Pulau Tiban dan media pendukung berupa poster, baliho, umbul umbul, brosur, tiket, dan stiker.References
Angkouw, Rieka. 2012. Ruang dalam Arsitektur berwawasan perilaku. paper.
Universitas Sam Ratulangi
Djaslim, Saladin dan Yevis Marty Oesman, 2002, Intisari Pemasaran dan Unsur – Unsur
Pemasaran, Cetakan Kedua, Bandung : Penerbit Linda Karya.
Evelina, Nela dkk. 2012. Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi
terhadap keputusan pembelian kartu perdana telkomflexi. Semarang. Universitas
Diponegoro
Gulendra, I wayan.2010. pengertian warna dan tekstur.
Ilham, Endy, 2014. Perancangan media promosi obyek wisata bahari kepulauan
derawan kabupaten berau. Tugas akhir. Universitas Pasundan Bandung
Kadir, Abdul, 2003, “pengertian perancanganâ€, available to
http://rumohkuta.blogspot.com/2013/02/pengertianperancangan.html , diakses
pada Rabu 31 Oktober 2018 pukul 22.19 WIB
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga,
Jakarta
Kriyantono, Rachmat, 2008 Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media
Group,
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013), h. 169.
Rustan, Surianto. 2014. layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Utama.
Rustan, Surianto. 2014. Font dan tipografi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, Surianto. 2013. Mendesain logo. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Sistaningrum, Widyanintyas. 2002. Manajemen Penjualan Produk. Jakarta : kanisius
Sitepu, vinsensius. 2004. Panduan mengenal desain grafis. PT elex Media
Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta:
BPFE.
Wardah, lia. 2012. Perancangan Media Presentasi Berupa Slide Company Profile PT.
MAXIMA CIPTA MEDIA sebagai Penunjang Presentasi ke Klien. Kerja praktek.
Stikom Surabaya
Widjaja, Christianto. 2016. Adobe Indesign cetak sampai digital. Widjaja
Yunita,Priscilia. 1999. Tipografi dalam desain komunikasi visual. Jurnal. Universitas
Kristen Petra
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ilham Teguh Indrianto, Annas Marzuki Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0