PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PENTINGNYA DETEKSI DINI PENYAKIT ALZHEIMER PADA USIA 25-45 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v1i02.3303Abstract
Penyakit Alzheimer adalah suatu kondisi kelainan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat atau daya ingat, daya pikir yang menurun, kemampuan bicara yang menurun, bahasa, kesulitan memecahkan masalah atau hasil, mempengaruhi dialog yang membuat perubahan pada masalah sehari-hari. Jika dilihat oleh banyak orang yang tidak tahu tentang bahaya Alzheimer, karena pihak-pihak belum mengadakan sosialisasi tentang penyakit Alzheimer kepada masyarakat, khususnya kota Semarang. Sementara mengatasi penyakit Alzheimer di masyarakat sejak dini dapat mengurangi dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Dengan memperkenalkan penyakit Alzheimer kepada anak-anak mereka untuk dapat mendukung orang tua atau orang tua mereka adalah penyakit Alzheimer atau hanya terpapar kepikunan. Karena itu, agar penyakit Alzheimer tidak bertambah, sosialisasi gejala atau penyakit Alzheimer dilakukan melalui iklan layanan masyarakat di kota Semarang. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode kualitatif. Dari data yang telah diperoleh, data akan diproses melalui teori Framing. Hasil pembingkaian akan digunakan sebagai referensi dalam membuat konten kreatif. Media utama yang akan digunakan adalah video gerak grafik, sedangkan media pendukung akan menggunakan poster, spanduk X, brosur, stiker dan media sosial. Semua media ini akan berisi informasi tentang penyakit Alzheimer, yang menarik, dirancang, dan menarik untuk membuat orang tahu lebih banyak tentang penyakit Alzheimer. Karena efek dari penyakit Alzheimer tidak bercanda, mereka dapat melupakan nama keluarga mereka dan diri mereka sendiri. Maka penyakit Alzheimer akan mudah dideteksi sejak diniReferences
Amelia, d. F. (2016, September). Diambil kembali dari https://www.klikdokter.com/info- sehat/read/2698175/fakta-seputar-alzheimer-di-indonesia.
Ana, V. (2017, Juli 26).
http://eprints.dinus.ac.id/14490/1/%5BMateri%5D_Vilda_Ana_Veria_S,_M.Gizi_-
_PENYAKIT_DEGENERATIF.pdf.
Bachtiar. (2008). Photography.
Chairani, N. (2015, April). Diambil kembali dari https://republika.co.id/berita/koran/leasure/15/04/21/nn57c822-buku-pengingat- para-anak.
Charter, D. E. (1995). How to Improve Your Corporate Identity.
Cutlip, C. a. (1994). Effective Public Relations.
Diana, A. (2013, Januari 6). Diambil kembali dari https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3929/Bab%20 2.pdf?sequence=6.
Huffner, B. d. (2018, Agustus 28). Diambil kembali dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-media-komunikasi-menurut-para-ahli- beserta-jenis-dan-fungsinya/.
Jefkin, F. F. (1997). Diambil kembali dari http://agusridwansopari.com/teori-layout-frank- jefkins/.
Marzuqi, I. (2017). Spiritual Enlightment. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo , Gramedia.
Menkes. (2016, Maret). Diambil kembali dari http://www.depkes.go.id/article/print/16031000003/menkes-lansia-yang-sehat- lansia-yang-jauh-dari-demensia.html.
Miarso. (2009). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Purwanti, T. (2018, September 5). Diambil kembali dari https://www.pesona.co.id/life/le%252fkenali-10-gejala-umum-demensia-alzheimer.
Samin, C. (2017, Mei 19). Diambil kembali dari http://www.artikelmateri.com/2017/05/iklan-pengertian-ciri-syarat-jenis-macam- contoh-adalah.html.
Semedhi. (2011). Sinematografi - Videografi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Soedarso. (1990). Diambil kembali dari http://www.artikelsiana.com/2017/09/pengertian- ilustrasi-fungsi-tujuan.html.
Suharya, D. (2016, September 28). Pendiry Alzheimer Indonesia . (P. Indonesia, Pewawancara)
Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Synnex. (2018, Maret 15). Diambil kembali dari https://www.explorecloud.id/animasi- bergerak-power-point/.
Tapan, d. E. (2005). Penyakit Degeneratif. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Tjiptono. (2002). Media. Yogyakarta: Gagasan Media.
Widyatama, R. (2011). Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Cakrawala. Wilson, S. &. (2002). Teori Literasi media.
Wright. (1978). Diambil kembali dari https://www.sepengetahuan.co.id/2015/12/12- pengertian-iklan-menurut-para-ahli-terlengkap.html.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ardiana Putri Damayanti, Auria Farantika Yogananti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0