Manifestasi Citra Produk Aqua Reflection dalam Desain Kemasan Karya Sebastian Gunawan

Atif Akbar Prakoso Hartono, Bernardus Andang Prasetya Adiwibawa

Abstract


Abstrak

Manifestasi Citra Produk Aqua Reflections dalam Desain Kemasan Karya Sebastian Gunawan, merupakan penelitian yang mendeskripsikan tentang adanya peleburan citra yang terdapat dalam kemasan desain spesia Aqua Reflections dari perusahaan Danone Aqua. Objek penelitian merupakan desain kemasan dari botol Aqua Reflections still dan sparkling yang didesain oleh Sebastian Gunawan yang merupakan fashion desainer ternama yang di miliki oleh indonesia dan telah nempunyai nama didunia internasional. Penelitian ini menggunakan teori retorika visual dari Sonja K.Foos dan teori generator of form dari Brayn Lowson, dengan teori tersebut akan dilakukan analisis yang tertuju pada objek penelitian untuk dapat mengetahui tentang aksi simbolik, intevensi manusia, dan keterlibatan audiens dalam pembentukan citra dari Aqua Reflections. Lalu menggunakan batasan radikal, batasan praktis, batasan simbolik dan batasan formal untuk dapat melihat visualisasi desain yang dilakukan Sebastian Gunawan dalam desain kemasan Aqua Reflections. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa dalam kemasan Aqua Reflections edisi spesial terdapat manifestasi dari dua citra yang ditampilkan melalui produk dan ilustrasi desain dalam kemasannya. Lalu untuk dapat menghasilkan visualisasi desain kemasan dengan citra Aqua Reflections, terdapat pelanggaran batasan formal dalam Generator of form untuk menghasilkan kemasan produk menjadi sesuatu yang simbolik.

Kata kunci: Aqua Reflections, Citra, Kemasan, Retorika Visual, Sebastian Gunawan

 

Abstract

The Manifestation of Aqua reflection`s Product by Sebastian Gunawan. is research that describes the fusion of images contained in the design package of the Aqua Reflections from the Danone Aqua company. The object of the research is the packaging design of Aqua Reflections still and sparkling bottles designed by Sebastian Gunawan, which is a well-known fashion designer that is owned by Indonesia and has international names. This research uses Sonja K. Foos's theory of visual rhetoric and Brayn Lowson's theory of generator of form, with the theory that analysis will be directed at the object of research to be able to find out about symbolic action, human intervention, and audience involvement in the formation of Aqua Reflections. Then using radical constraints, practical constraints, symbolic constraints and formal constraints to be able to see the visualization of design by Sebastian Gunawan in Aqua Reflections packaging design. The results of the research have concluded that in the special edition Aqua Reflections there are manifestations of two images displayed through the product and design illustrations in the packaging. Then to be able to produce a packaging design visualization with the Aqua Reflections image, there is a formal violation of the generator of form to produce product packaging into something symbolic.

 

Keywords: Aqua Reflections, Image, Packaging, Visual Rhetoric, Sebastian Gunawan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v1i01.2606

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF - 492 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0