PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL PADA FESTIVAL LOENPIA JAZZ 2023 DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET PENGUNJUNG
Keywords:
festival musik, loenpia jazz, media promosiAbstract
Loenpia Jazz 2023 adalah festival musik jazz tahunan yang diadakan di Kota Semarang yang pelaksanaanya pada tahun 2022 tidak mampu mencapai target pengunjung, sehingga membutuhkan iklan komersial. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan metode perancangan yang digunakan menggunakan Robin Landa, selain itu analisis yang digunakan adalah Analisis SOAR. Berdasarkan hasil analisis dan media promosi yang dipilih, perancangan iklan komersial ini menggunakan gaya visualisasi Vintage Modern. Gaya vintage merepresentasikan historical venue yang diusung yaitu Ex. Gedung Van Dorp, Kota Lama yang merupakan gedung percetakan paling populer di masanya, Sementara gaya moderndigunakan agar dapat diterima oleh masyarakat luas. Iklan komersial Loenpia Jazz 2023 ini menggunakan Instagram sebagai media promosi utama, berupa Instagram Feed dan didukung oleh konten Story Instagram dan Reels Instagram. The Loenpia Jazz 2023 is an annual jazz music festival held in Semarang City whose implementation in 2022 was unsuccessfully in reaching the target of visitors, so it requires commercial advertising. The data collection method uses qualitative, and the design method uses Robin Landa's, along with SOAR Analysis. Based on the analysis result and the chosen promotion media, this commercial advertisement design uses the Vintage Modern visualization style. This vintage style represents the historical venue of the former Van Dorp Building, in Kota Lama, the most popular printing workshop of its time, while the modern style is used to be able to accepted by the broader community. Loenpia Jazz 2023 commercial advertisement uses Instagram as the primary promotional media, in a kind of Instagram Feed supported by Instagram Story content and Instagram Reels.References
Aaker, D. A. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum.
Ambar. (2017, June 8). 20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli - PakarKomunikasi.com. Pakar Komunikasi. Retrieved May 13, 2023, from https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli
Beta, L. (2008). Penerapan Multi Image Pada Desain Alas Kaki Wanita. Tugas Akhir Penciptaan S1 Program Studi Desain Produk.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita. Herlambang, S. (2014). Basic Marketing. Gosyen Publishing.
Jefkins, F. (1992). Hubungan Masyarakat. Intermasa.
Media Promosi: Contoh, Arti, Fungsi, Macam & Rekomendasi untuk Bisnis. (2022, November 25). Cakap. Retrieved May 6, 2023, from https://blog.cakap.com/media-promosi/
Pengertian Media Sosial Adalah, Fungsi, Tujuan, Jenis Sosial Media. (2018, June 21). Maxmanroe.com. Retrieved May 13, 2023, from https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-media-sosial.html
Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pustaka Utama.
Robinson, P. (1997). Manajemen Strategik Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian.
Jakarta: Bina Rupa Aksara.
Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada. Sachari, A., & Sunarya, Y. Y. (2002). Pengantar Tinjauan Desain. Institut Teknologi Bandung. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi, Mix Methods. Alfabeta, Bandung. Swastha, B. (2003). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3 (3rd ed.). Yogyakarta Andi Offset. Wirasasmita, R. (2002). Pengertian Promosi. In Kamus Lengkap Ekonomi (p. 399). Pionir Jaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mahdan Dziya'ul Khaq, Erisa Adyati Rahmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0