PERANCANGAN IKLAN KOMERSIAL CAFE BLOOPEA UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI KOTA SEMARANG
Keywords:
Design Thinking, Redesain UI, Responsif, Telkom IndonesiaAbstract
Cafe Bloopea adalah salah satu cafe yang memiliki konsep korean cafe di Kota Semarang, dan promosinya dilakukan hanyamenggunakan media sosial Instagram, dengan mengunggah konten feeds untuk mempromosikan produknya. Akan tetapi viewers yang didapat masih terbilang sedikit, sehingga masyarakat yang mengetahui keberadaan Cafe Bloopea masih di daerah wilayah tertentu saja. Oleh karena itu Cafe Bloopea membutuhkan rancangan video iklan komersial berupa motion graphic untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif, melalui wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner, yang dianalisis menggunakan metode SWOT. Metode perancangan ini menggunakan lima fase desain menurut Robin Landa. Hasil perancangan adalah video motion graphic sebagai media utama, didukung media pendukung feeds instagram, tumblr, gantungan kunci, dan sticker. Kata Kunci: Motion Graphic, Iklan Komersial, Cafe Korea Cafe Bloopea is one of the cafes that has a Korean cafe concept in Semarang City, and its promotion is barely carried out on Instagram by uploading feed content to promote its products. However, the number of viewers of Cafe Bloopea's Instagram account is relatively small, making the existence of Cafe Bloopea only known by people in certain areas. Cafe Bloopea needs a commercial advertising video design in the form of motion graphics to reach a broader target market. Research for this design uses qualitative methods through interviews, observations, literature studies, documentation, and questionnaires, which are analyzed using the SWOT method. This design method uses five design phases of Robin Landa. The result of the design is a motion graphic video as the primary media, supported by media of Instagram feeds, tumblers, key chains, and stickers. Keywords: Motion Graphic, Commercial Advertisement, Korean CaféReferences
Diba Sabita, N. H. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA USAHA COFFEE SHOP DENGAN METODE QSPM (STUDI KASUS: COFFEE SHOP ‘RASIO COFFEE’).
Jurnal UNTAN.
Edwin Santosa, L. N. (n.d.). Perancangan Media Promosi Dreams Cafe and Resto Malang. Eko Purnama Halim, M. A. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK
MEMPERKENALKAN CAFE “BRING IN” KEPADA MASYARAKAT KOTA SEMARANG.
Fauziyah, R. N. (n.d.). Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Penggunaan.
Gramedia Blog.
Friska Yulianti*1, S. Y. (2021). ANALISIS SWOT UNTUK EVALUASI STRATEGI PADA
COFFEE SHOP: KOPIKA HOUSE. Research In Accounting Journal.
Komang Listia Damariyanti, A. H. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi “Kandera Coffee” Denpasar Bali menggunakan Metode Swot dan QSPM . Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri.
KRISTANTO, E. (2009). PERANCANGAN PROMOSI CAFE ABABIL MELALUI MEDIA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Laras Ratu Khalida1, R. F. (2020). ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA KEDAI KOPI
LIMASAN KARAWANG. ResearchGate.
Muhammad Yusuf Afredi1), S. (2023). ANALISIS PELUANG USAHA CAFÉ MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN PEUNARON ACEH TIMUR. NEGOTIUM: Jurnal
Ilmu Administrasi Bisnis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Nurul Hasanah, Abi Senoprabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0