PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN ABNA PARFUM UNTUK PENGUATAN CITRA BARU

Authors

  • Naufal Ammar Gusrinanda Universitas Dian Nuswantoro
  • Daniar Wikan Setyanto Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/ctr.v6i2.11285

Abstract

Abna Parfum adalah usaha parfum refill sejak 2009 yang berlokasi di Kota Semarang. Brand ini ingin memfokuskan peningkatan kualitas dan citranya kepada konsumen. Oleh karena itu Abna Parfum memerlukan perancangan ulang tampilan desain kemasannya menjadi lebih modern, informatif dan semakin menunjukkan identitasnya. Penelitian untuk perancangan ini menggunakan metode kualitatif, dan metode analisis data 5W1H. Perancangan menggunakan tahap perancangan Design Thingking melalui emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil dari perancangan ini berupa desain kemasan parfum yang meliputi botol, label, box dan paperbag beserta media pendukung lainnya.

References

Alexander, J., Pangestu, D. R., Nicolas, F., & Hakim, L. (2020). Penerapan Genetic Neural Network dalam Pemilihan Color Palette untuk Desain Skema Warna. CogITo Smart Journal,

(2). https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.271.284-297

Almamada, J. (2021). Pengaruh Persepsi Tampilan Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Dengan Media E-Commerce Di Masa Pandemi. Borobudur Psychology Review, 1(2). https://doi.org/10.31603/bpsr.5796

Alza Rufni. (2019). Analisis Prospek Usaha Parfume Refil Dan Peranannya Dalam Penyerapan Tenaga Kerja Di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Anastasya Lavenia. (2022, Juni 21). Seksisme Warna : Mengapa Pink untuk Perempuan dan Biru untuk Laki-laki? CXO Media.

Antonius Fran Setiawan. (2023). Prinsip Desain Untuk Sosial Media (Antonius Fran Setiawan, Ed.; Volume 1). CreativeThinking indiebooks. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yLq0EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mon

okromatik+adalah&ots=AR-RsRD4O&sig=RUTvFTQAMvsUYGytUI1UeaMAXJg&redir_esc=y#v=onepage&q=monokromatik%

adalah&f=false

Budiarta, I. G. M., Nyoman, N., Witari, S., & Sutrisno, L. B. (2023). Penerapan Elemen Tipografi

Pada Desain Logo Karya Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa dalam Kuliah Desain

Komunikasi Visual. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 13(1).

Christine Suharto Cenadi. (2000). PERANAN DESAIN KEMASAN DALAM DUNIA PEMASARAN. Nirmana, 2(2).

Clara, C. (2021). PENGARUH DESAIN DAN MANFAAT KEMASAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN FMCG. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 19(1). https://doi.org/10.32524/jkb.v19i1.109

Eko Valentino, D. (2019). Pengantar Tipografi. TEMATIK, 6(2). https://doi.org/10.38204/tematik.v6i2.254

Farrah Fathya. (2020, Mei 16). Alasan Pentingnya Redesain Logo Perusahaan. Sribu.

Fitro Nur Hakim. (2023, April 23). Pentingnya Konsistensi Dalam Desain. Desain Grafis S1

Stekom.

Hahury, R. M. S. (2022). Analisis Pengaplikasian Teori Warna dan Penggunaan Siluet dalam

Desain Karakter. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121).

Khairina F. Hidayati. (2023, Agustus 2). Desain Grafis Minimalis : Apa Itu, Prinsip, dan Tips

Menerapkannya. Glints.

Matondang, A. (2019). DAMPAK MODERNISASITERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT. DAMPAK MODERNISASI TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT, 8(2).

Munir, A. M., & PATRIA, A. S. (2019). Perancangan Desain Kemasan Parfum Klinik Sepatoe

Surabaya. Jurnal Seni Rupa, 07.

Mustofa Hilmi. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual (Moh. Nasrudin, Ed.).

NEM.

Pratama, B. S., Ibrahim, D., & Savitri. (2022). Perancangan Redesain Label Kemasan Produk

Haerang. Jurnal ATRAT, 10(1).

Primayudha, N., Subkiman, A., & Arief RRZ, B. (2020). Fungsi dan Makna Warna Pada Desain

Interior Toko Bertema Anak. Jurnal Strategi Desain dan Inovasi Sosial, 2(1). https://doi.org/10.37312/jsdis.v2i1.2346

Rahardjo, S. T. (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM - Google Play Buku. Deepublish Publisher.

Ririh, K. R. (2021). Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode HIRARC dan

Diagram Fishbone pada Lantai Produksi PT DRA Component Persada. Go-Integratif : Jurnal

Teknik Sistem dan Industri, 2(2). https://doi.org/10.35261/gijtsi.v2i2.5658

Sabika, A., Wahid, F., Saphira Farhani, F., & Setiani, N. (2017). Rancang Purwarupa Aplikasi

UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking. Rancang Purwarupa Aplikasi

UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking, Agustus.

Safa, A. (2018). PERANCANGAN DESAIN PRODUK KEMASAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI UPT PENGEMBANGAN MUTU PRODUK INDUSTRI DAN TEKNOLOGI KREATIF DISPERINDAG PROVINSI JAWA TIMUR. Energies, 6(1).

Sugianto, O. (2020). Penelitian Kualitatif, Manfaat dan Alasan Penggunaan. Creativepreneurship.

Tania Lynne. (2023, Maret 3). The importance of consistency in UI/UX design. Bootcamp.

Thabroni, G. (2019). Pengertian Desain Grafis Dilengkapi Pendapat Para Ahli. Dalam serupa.id.

Downloads

Published

2024-08-21 — Updated on 2024-08-21

Versions

How to Cite

Gusrinanda, N. A., & Setyanto, D. W. . (2024). PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN ABNA PARFUM UNTUK PENGUATAN CITRA BARU. CITRAKARA, 6(2), 197–211. https://doi.org/10.33633/ctr.v6i2.11285

Issue

Section

Articles