PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MITIGASI KEBAKARAN DI DALAM RUANGAN UNTUK ANAK PRASEKOLAH

Authors

  • Irsalina Idzni Tanjung State Universitas of Surabaya
  • Nanda Nini Anggalih State Universitas of Surabaya

Abstract

Perancangan buku interaktif berjudul “Hati-Hati Kebakaran” dirancang dengan menarik dan efektif yang bertujuan untuk membantu anak usia prasekolah memahami mitigasi kebakaran di dalam rumah sesuai dengan tingkat pemahaman serta minat anak-dan memahami risikonya. Metode penelitian studi eksisting untuk mengevaluasi dan menganalisis buku interaktif sebelumnya agar memperoleh pemahaman bagaimana anak usia dini belajar dan berinteraksi dengan gerakan buku interaktif. Pengumpulan data sekunder dan primer di sekolah Labschool Unesa 1, yaitu murid TK A dan TK B serta guru. Penggunaan penerapan analisis data dengan metode design thinking dengan menjabarkan kebutuhan, keinginan media pembelajaran kebencanaan apa yang sesuai dengan pemahaman anak prasekolah, tahap selanjutnya SWOT untuk menemukan strategi keberhasilan rencana dalam perancangan ini dengan menemukan Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Hasil rancangan desain buku interaktif untuk anak usia prasekolah dapat menarik dan sesuai minat pemahaman anak, konsep buku berisi pengajaran mitigasi kebakaran di dalam ruangan dengan gaya visual ilustrasi kartun dengan efek crayon serta penggunaan bahasa nonformal atau sehari-hari.

References

Al Muchtar, S. (2015). Dasar Penelitian Kualitatif. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Attamimi, H. R., Harahap, K., & Damanik, D. (2023). Metode Penelitian. Malang: Litrus.

Azzahra, A. P., Soedewi, S., & Desintha, S. (2020). Perancangan Buku Interaktif Pull Tab Untuk Edukasi Seksual Pada Anak Di Kota Bandung. e-Proceeding of Art & Design, Vol 7(2): Hal 1331-1334.

Britton, L. (1992). Play and Learn. London: Vermilion.

Mauludiyah, F., Nurani, Y., & Hikmah. (2024). Penggunaan Buku Cerita Digital untuk Mengenalkan Mitigasi Bencana Kebakaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1(2): Hal. 2—8.

Fitri, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usia 5-6 Tahun (Kelompok B). DIDAKTIKA, Vol. 10(2): Hal. 2-3.

Gavin, P. (2015). Basic Design: Layout. London: AVA Publishing.

Hurlock, B. (1994). Perkembangan Anak, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Khairunisa, Nurani, & Jahja. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Digital untuk Menstimulasi Karakter Kebhinekaan Global Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Duren Sawit 02 Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1(2): Hal. 2—3.

Kumar, R. (2011). Research Methodology. Sage Publication.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. PT. Elex Media Komputindo.

Marrinda Nur Aini, S. W., Adhe, K. R., & Saroinsong. (2022). Pengembangan Ebook Mitigasi Bencana Kebakaran Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Journal On Early Childhood. Vol. 5(5): Hal. 402-407.

Leavy, P. (2017). Research Design. New York: Guildford Press

Nasrullah, A. C., & Reza, M. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Mitigasi Bencana Kebakaran pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai Vol. 09(01): Hal. 1-3.

Nizwardi Jalinus, A. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Pertiwi, Syafrudin, & Syafrudin. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Baca Tulis Hitung untuk Anak Usia 5—6 Tahun. Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4(2): Hal. 26-28.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama.

Rinanto. (2017). Bencana Kebakaran. Bandung: PT Graha Bandung Kencana.

Rustan, S. (2010). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

S, L. A., & Nathalia, K. (2018). Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Nuansa Cendika.

Sastradihardja. (2013). Tanggap Bencana Kebakaran. Bandung: CV. Titian Ilmu.

Sihombing, D. (2015). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Salim, S. (2017). Seni Ilustrasi: Essensi-Sang Illustrator-Lintasan-Penilaian. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Suyadi. (2007). Ilustrasi Buku Anak-Anak. Sebuah Pengantar.

Swasty, W. (2017). Serba Serbi Warna. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Utami, N. A., Ariesta, I. B., & Trisna, N. S. (2023). Perancangan Buku "Kok Panas Ya" untuk anak-anak di Badung. Jurnal Selaras Rupa. Vol. 4(2): Hal. 28-31.

Wijayanti, L. K. (2018). Pemikiran Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Maria Montessori dan Abdullah Nasih 'Ulwan: Studi Analisis Komparatif. (Tesis). Sekolah Pascasarjana. Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim, Malang

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Tanjung, I. I., & Anggalih, N. N. (2024). PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF MITIGASI KEBAKARAN DI DALAM RUANGAN UNTUK ANAK PRASEKOLAH. CITRAKARA, 6(1), 125–137. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11229

Issue

Section

Articles