PERANCANGAN PUZZLE ‘ANIMAL CREW’ BERTEMAKAN BINATANG LAUT UNTUK ANAK USIA 3—5 TAHUN
Abstract
Pengenalan mengenai binatang laut terhadap anak usia 3—5 tahun merupakan aspek yang perlu dikenalkan sebagai bentuk eksplorasi lingkungan alam yang dapat dilakukan melalui media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk membuat konsep permainan yang menarik melalui puzzle kayu dalam mengenalkan binatang laut pada anak prasekolah dan mengalihkan anak dari dari dampak penggunaan gawai berlebih. Metode pengumpulan data melalui analisis 5W+1H (What, When, Where, Who, Why, How) sebagai acuan perancangan visualisai supaya tepat sasaran dan diterima dengan baik. Anak TK A di PAUD TK Labscool Unesa 1 menjadi tempat observasi mengambil sampel perancangan dengan memberikan permainan puzzle kayu berbentuk domino. Hasil penelitian menunjukkan anak-anak sangat antusias dapat belajar menyusun, memecahkan masalah, mencari potongan dan menyatukan gambar ilustrasi tubuh binatang, serta mengenal warna untuk mencapai susunan permainan yang benar. Pengenalan nama-nama binatang laut melalui kartu deskripsi sebagai media pendukung produk utama yang digunakan oleh orang tua, guru, maupun pendamping anak dalam mengenal setiap karakter dari 10 jenis binatang laut. Puzzle Animal Crew dapat digunakan sebagai media alternatif dalam mengenalkan dunia binatang kepada anak usia 3-5 tahun.References
Adiwena, B., Nugroho, Y. W. & Hayashi, K., 2022. Perancangan Produk Mainan Puzzle untuk Menstimulasi Motorik Anak Usia 3-5 Tahun. ARTIKA, pp. 82-69.
Budiman & Ghaisani, F. R., 2022. Perancangan Ilustrasi Video "Puriding Puringkak" pada Youtube Chanel Nyunda Yu. Jurnal Visual Ideas, pp. 105-113.
Hayati, S. N. & Putro, K. Z., 2021. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, pp. 52-64.
Mulyani, N., 2018. Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyanti, S., Kusmana, T. & Fitriani, T., 2021. Pola Pengasuhan Orangtua terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah: Literature Review. Healcare Nursing Journal, pp. 116-124.
Musi, M. A., Bachtiar, M. Y. & Herlina, 2022. Pelatihan Pembelajaran Sains Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Lampung, Universitas Muhammadiyah Metro, pp. 165-173.
Permana, D. & Djatmiko, M. D., 2021. Perancangan Mainan Anak Usia 3-6 Tahun Berbasis metode Pendidikan Montessori. Bandung, Fakultas Arsitektur dan Desain, pp. 5-23.
Sintia, Hayati, F. & Oktariana, R., 2021. Pengembangan Alat Permainan Puzzle untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B di TK Alam Pelangi Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
Yuliana, R., 2018. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Askara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erdiana Putri Pratiwi, Martadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0