PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA LEMBAH NIRWANA UNTUK MENARIK WISATAWAN

Authors

  • Yuda Dwi Saputranagoro Universitas Dian Nuswantoro
  • Toto Haryadi Visual Communication Design

Abstract

Lembah Nirwana merupakan tempat wisata berjenis agrowisata yang berdiri sejak tahun 2019. Masalah yang ada di Lembah Nirwana adalah stagnasi khususnya dibidang promosi, serta penurunan omset dan jumlah pengunjung yang berkunjung di Lembah Nirwana. Solusi yang diberikan adalah melakukan perancangan media promosi untuk menarik wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, kuisioner, dan data sekunder.  Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan karya seni. Hasil dari perancangan media promosi ini adalah media billboard sebagai media utamanya, dan spanduk, poster, flyer, feed instagram, voucher/kupon, stiker sebagai media pendukungnya. Kesimpulan dari perancangan kali ini adalah merancangan media promosi untuk menarik wisatawan berkunjung di Lembah Nirwana. Peluang keberlanjutan perancangan ini dapat digunakan untuk media promosi yang lebih menarik, contohnya adalah iklan dengan media berupa video.

References

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Marsono. (2019). Agro dan Desa Wisata. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees

Fatimah, Siti. (2019). Teori Perencanaan. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia

Diskominfo Jateng. (2022). Pandemi. Wisatawan di Kendal Meningkat. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://jatengprov.go.id/beritadaerah/pandemi-wisatawan-di-kendal-meningkat/

Puspa, Ulfa. (2023). Wisatawan Tembus 1.7 Juta. Pemkab Kendal Tingakatkan Revitalitas Pariwisata. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://lingkarjateng.id/news/wisatawan-tembus-17-juta-pemkab-kendal-tingkatkan-revitalisasi-pariwisata/

Peran Promosi Produk Pariwisata Dalam Meningkatkan Kepariwisataan. (2019). Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://idtesis.com/peran-promosi-produk-pariwisata-dalam-meningkatkan-kepariwisataan/

Sadya, Sarnita. (2023). Indonesia Miliki 2.563 Objek Daya Tarik Wisata pada 2021. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://dataindonesia.id/pariwisata/detail/indonesia-miliki-2563-objek-daya-tarik-wisata-pada-2021

Irawan, Setyo. (2021). Buku Statistik Pariwisata Jawa Tengah Dalam Angka 2021. Semarang: Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah

Latief, Rusman., dan Yusiatie Utud. (2015). Siaran Televisi Nondrama Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana

Adi Saskara, I Putu. (2021). Buku Ajar – Media Periklanan Berbasis Implementasi Tuorial Praktek. Bali: Swasta Nulus

Satrianawati . (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish

W Putra, Ricky. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta: ANDI

Hilmi, Mustofa. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management

Wirawan, Putu Eka, Vany Octaviany., dan Nuruddin. (2022). Pengantar Pariwisata. Bali: NILACAKRA

Casofa, Fachmy. Alib Isa. (2013). Gerbang Kreativitas Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara

Afrindra, Azzahra F dkk. (2020). Penciptaan Kreasi Seni Rupa dan Desain. Yogyakarta: Zahir Publishing

Simbolon, Rinci. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Brimedia Global

Anggito, Albi., dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Yuda Dwi Saputranagoro, & Haryadi, T. (2024). PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA LEMBAH NIRWANA UNTUK MENARIK WISATAWAN. CITRAKARA, 6(1), 14–35. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/11013

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)