PERANCANGAN MEDIA PROMOSI WISATA LEMBAH NIRWANA UNTUK MENARIK WISATAWAN
Abstract
Lembah Nirwana merupakan tempat wisata berjenis agrowisata yang berdiri sejak tahun 2019. Masalah yang ada di Lembah Nirwana adalah stagnasi khususnya dibidang promosi, serta penurunan omset dan jumlah pengunjung yang berkunjung di Lembah Nirwana. Solusi yang diberikan adalah melakukan perancangan media promosi untuk menarik wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, kuisioner, dan data sekunder. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan karya seni. Hasil dari perancangan media promosi ini adalah media billboard sebagai media utamanya, dan spanduk, poster, flyer, feed instagram, voucher/kupon, stiker sebagai media pendukungnya. Kesimpulan dari perancangan kali ini adalah merancangan media promosi untuk menarik wisatawan berkunjung di Lembah Nirwana. Peluang keberlanjutan perancangan ini dapat digunakan untuk media promosi yang lebih menarik, contohnya adalah iklan dengan media berupa video.References
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Marsono. (2019). Agro dan Desa Wisata. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees
Fatimah, Siti. (2019). Teori Perencanaan. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia
Diskominfo Jateng. (2022). Pandemi. Wisatawan di Kendal Meningkat. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://jatengprov.go.id/beritadaerah/pandemi-wisatawan-di-kendal-meningkat/
Puspa, Ulfa. (2023). Wisatawan Tembus 1.7 Juta. Pemkab Kendal Tingakatkan Revitalitas Pariwisata. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://lingkarjateng.id/news/wisatawan-tembus-17-juta-pemkab-kendal-tingkatkan-revitalisasi-pariwisata/
Peran Promosi Produk Pariwisata Dalam Meningkatkan Kepariwisataan. (2019). Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://idtesis.com/peran-promosi-produk-pariwisata-dalam-meningkatkan-kepariwisataan/
Sadya, Sarnita. (2023). Indonesia Miliki 2.563 Objek Daya Tarik Wisata pada 2021. Diakses pada 27 Oktober 2023, dari https://dataindonesia.id/pariwisata/detail/indonesia-miliki-2563-objek-daya-tarik-wisata-pada-2021
Irawan, Setyo. (2021). Buku Statistik Pariwisata Jawa Tengah Dalam Angka 2021. Semarang: Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah
Latief, Rusman., dan Yusiatie Utud. (2015). Siaran Televisi Nondrama Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan. Jakarta: Kencana
Adi Saskara, I Putu. (2021). Buku Ajar – Media Periklanan Berbasis Implementasi Tuorial Praktek. Bali: Swasta Nulus
Satrianawati . (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish
W Putra, Ricky. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta: ANDI
Hilmi, Mustofa. (2022). Buku Ajar Pengantar Desain Komunikasi Visual. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management
Wirawan, Putu Eka, Vany Octaviany., dan Nuruddin. (2022). Pengantar Pariwisata. Bali: NILACAKRA
Casofa, Fachmy. Alib Isa. (2013). Gerbang Kreativitas Jagat Desain Grafis. Jakarta: Bumi Aksara
Afrindra, Azzahra F dkk. (2020). Penciptaan Kreasi Seni Rupa dan Desain. Yogyakarta: Zahir Publishing
Simbolon, Rinci. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Dalam Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Brimedia Global
Anggito, Albi., dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuda Dwi Saputranagoro, Toto Haryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0