This is an outdated version published on 2024-06-29. Read the most recent version.
Perancangan Media Pembelajaran Berhitung 1-20 Guna Melatih Kognitif Bagi Anak Penyandang Tunarungu Kelas 2 SD di SLB Wilayah Kota Semarang
Abstract
Tunarungu merupakan disabilitas dalam menangkap suara. Terdapat keterbatasan siswa tunarungu secara kognitif dalam berhitung di kelas 2 SD ditambah media pembelajaran terdahulu yang telah usang, sehingga memerlukan adanya perancangan media pembelajaran interaktif. Perancangan buku interaktif ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi. Metode analisis menggunakan analisis kebutuhan dan metode perancangan 5 phase of design dari Robin Landa. Media yang dihasilkan adalah buku interaktif sesuai dengan kebutuhan anak tunarungu dengan memadukan aspek visual dari karakter, tulisan angka, dan bahasa isyarat. Kata Kunci: Anak, Sekolah Dasar, Media Pembelajaran Interaktif, TunarunguPublished
2024-06-29
Versions
- 2023-12-30 (2)
- 2024-06-29 (1)
How to Cite
Hayyanah, N., & Senoprabowo, A. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berhitung 1-20 Guna Melatih Kognitif Bagi Anak Penyandang Tunarungu Kelas 2 SD di SLB Wilayah Kota Semarang. CITRAKARA, 5(4). Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/citrakara/article/view/10966
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nurusseba Hayyanah, Abi Senoprabowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0