PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM BATIK CIPRAT GIYANTA BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10222Abstract
Batik merupakan budaya asli Indonesia yang masih dilestarikan, banyak motif dan teknik yang tercipta hingga saat ini, salah satunya adalah Batik Ciprat. Giyanta merupakan salah satu rumah produksi batik splash yang berlokasi di Banjarnegara, Giyanta mempunyai identitas visual yang masih kurang informatif dan menyajikan bisnis sehingga kegiatan promosi masih belum terlaksana secara maksimal. Dengan terciptanya desain ini, merupakan peluang untuk meningkatkan nilai dan citra merek di benak masyarakat. Perancangan akan dilakukan dengan metode kualitatif dan studi literatur, dengan proses pencarian data wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil perancangan ini akan berupa logo, elemen visual, dan media pendukung.References
Balakrishnan, M. S. (2009). Strategic branding of destination: a Framework. European Journal of Marketing, 611-629.
H. Mangundjaya, Wustari L. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: Jakad Media Publishing
Kusrianto, A., (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. Moleong,
Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Musman, Asti & Ambar B. Arini. (2011). Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media
Prawira, Darma Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Dirjen Dikti
Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Jakarta: Gramedia
Sarwono, Jonathan. (2007). Metode Rizet untuk Desain Komunikasi Visual/Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta: ANDI.
Yeshin, Tony. (2004). Integrated Marketing Communications, The Holistic Approach
Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan
Christian Arisandy, K. (2021). Perancangan Ulang Visual Branding Noir Coffee & Space Untuk Memperkuat Brand Identity Bisnis Model B2B.
Kusumohendarto, R. H. (2021). Perancangan Ulang Logo Desa Wisata Purwosari Sebagai Kesiapan Wajah Baru Destinasi Brand Setelah Pandemi Covid-19. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yanuar Maulana Fitriyandani, Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0