PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL UMKM BATIK CIPRAT GIYANTA BANJARNEGARA

Yanuar Maulana Fitriyandani, Raden Hadapiningrani Kusumohendrarto

Abstract


Batik merupakan budaya asli Indonesia yang masih dilestarikan, banyak motif dan teknik yang tercipta hingga saat ini, salah satunya adalah Batik Ciprat. Giyanta merupakan salah satu rumah produksi batik splash yang berlokasi di Banjarnegara, Giyanta mempunyai identitas visual yang masih kurang informatif dan menyajikan bisnis sehingga kegiatan promosi masih belum terlaksana secara maksimal. Dengan terciptanya desain ini, merupakan peluang untuk meningkatkan nilai dan citra merek di benak masyarakat. Perancangan akan dilakukan dengan metode kualitatif dan studi literatur, dengan proses pencarian data wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil perancangan ini akan berupa logo, elemen visual, dan media pendukung.

Full Text:

PDF

References


Balakrishnan, M. S. (2009). Strategic branding of destination: a Framework. European Journal of Marketing, 611-629.

H. Mangundjaya, Wustari L. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: Jakad Media Publishing

Kusrianto, A., (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi. Moleong,

Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif: PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Musman, Asti & Ambar B. Arini. (2011). Batik Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media

Prawira, Darma Sulasmi. (1989). Warna Sebagai Salah Satu Unsur Seni dan Desain. Jakarta: Dirjen Dikti

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Jakarta: Gramedia

Sarwono, Jonathan. (2007). Metode Rizet untuk Desain Komunikasi Visual/Jonathan Sarwono dan Hary Lubis. Yogyakarta: ANDI.

Yeshin, Tony. (2004). Integrated Marketing Communications, The Holistic Approach

Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan

Christian Arisandy, K. (2021). Perancangan Ulang Visual Branding Noir Coffee & Space Untuk Memperkuat Brand Identity Bisnis Model B2B.

Kusumohendarto, R. H. (2021). Perancangan Ulang Logo Desa Wisata Purwosari Sebagai Kesiapan Wajah Baru Destinasi Brand Setelah Pandemi Covid-19. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10222

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0