PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN BASIC ENGLISH GRAMMAR MELALUI ANIMASI MOTION GRAPHIC UNTUK PELAJAR SMA/SMK

Bong William Mariano Pratama, Dimas Irawan Ihya Ulumuddin, Adi Prihandono

Abstract


Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang memiliki banyak penutur. Akan tetapi, masyarakat di Indonesia memiliki tingkat kecakapan Bahasa Inggris yang rendah. Tujuan dari perancangan media pembelajaran ini adalah sebagai sarana memotivasi pelajar untuk belajar Bahasa Inggris melalui materi basic english grammar. Perancangan ini menggunakan metode analisis 5W+1H dan menggunakan tiga tahap metode perancangan. Media utama yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis motion graphic, sedangkan media pendukungnya berupa poster cetak dan poster digital berupa feed Instagram

Full Text:

PDF

References


Lionardi, Angela. (2021). Perancangan Animasi 2D sebagai Media Edukasi tentang Penyu bagi Anak-Anak. NIRMANA. Vol 21, No.1

Pranayama, Aristarchus dkk. (2020). Perancangan Animasi sebagai Media Pembelajaran tentang Kasih untuk Anak-Anak Sekolah Minggu GPDI Situbondo. ADIWARNA. Vol 2, No.17

Dr Hasan, Muhammad, S.Pd M.Pd dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group

Setianto, Andi. (2019). Penciptaan Film Animasi 2D “Diruhi”. Fakultas Seni Media Rekam. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Susanti dan Affrida Zulfiana. (2018). Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sudiana, Dendi. (2001). Tipografi: Sebuah Pengantar. MEDIATOR. Vol 2, No 2

Meilani. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. HUMANIORA. Vol 4, No 1

Yatini, Tri Indah. (2017). Game Edukasi Pengenalan Sejarah Nusantara Berbasis Android. Fakultas Teknik & Informatika. BSI Pontianak

Afifudin. (2022). Perancangan Animasi Dua Dimensi Edukasi Reduce, Reuse, Recycle di Lingkungan Gunung Prau Kabupaten Wonosobo. Fakultas Seni Rupa. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Hasanah, Noer Siti. (2012). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati

Rizal dkk. (2021). Perancangan Animasi Motion Graphic sebagai Media Promosi STMIK AKBA. JOISM. Vol 3, No 1

Nadya dan Yulia Purnama Sari. (2019). Analisis Visual Penerapan 12 Prinsip Animasi Dalam Film Grey & Jingga: The Twilight Animated Series Episode 1. TITIK IMAJI. Vol 2, No 2

Setyoningsih. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Response (TPR) pada Anak Usia Dini. THUFULA. Vol 4, No 1

Aziz, Baso Indra Wijaya. (2021). Perancangan Animasi sebagai Media Pengenalan Pakaian dan Rumah Adat Suku Makassar. TANRA. Vol 8, No 1

Singodiwoso, Sudjoko dan Susilawati. (2021). Peningkatan Penguasaan Grammar Dalam Menulis Kalimat Melalui Teknik Mistake Buster. KREDO. Vol 8, No 1

Tri, Widiyati. (2012). Korelasi Antara Penguasaan Bahasa Inggris dan Penguasaan Bahasa Prancis Siswa Kelas Bahasa SMA Negeri 7 Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33633/ctr.v5i3.10169

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

       

 

 

diterbitkan oleh:

Universitas Dian Nuswantoro
Jl. Imam Bonjol, No. 207, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Telp :(024) 3575916

 

Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0