Respon Pengguna Shopee pada Iklan Shopee COD dengan Model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, & Share)

Authors

  • Paulina Irena Universitas Atma Jaya Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8643

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan respon pengguna Shopee pada iklan Shopee COD dengan model AISAS. Hal ini dilatarbelakangi fitur COD yang tidak ditargetkan untuk pengguna Shopee umumnya namun ditayangkan pada platform yang sama, salah satunya Youtube. Walaupun berhasil mendapatkan penghargaan, iklan ini juga dinilai mengganggu. Namun, hingga saat ini iklan dengan isi yang sama masih terus ditayangkan Shopee. Kenyataan ini menjadi menarik untuk mengetahui respon pengguna Shopee pada iklan Shopee COD ini. Dengan Model AISAS yang memiliki lima tahapan, yaitu attention, interest, search, action, dan share, penelitian ini mendeskripsikan respon yang terbentuk dari 410 responden. Kriteria responden pada penelitian ini adalah pernah menonton iklan Shopee COD melalui Youtube. Hasil temuan data kemudian disusun dengan distribusi frekuensi, dijelaskan dengan analisis deskriptif, dan tabulasi silang dengan jenis kelamin dan usia. Analisis yang dilakukan menemukan bahwa respon yang paling banyak terbentuk adalah No Attention (46,6%). Sedangkan, respon yang paling sedikit terbentuk adalah Action (37,3%). Walaupun demikian, model respon AISAS dan AIS memiliki peluang terbentuk yang lebih tinggi. Berdasarkan jenis kelamin, pengguna Shopee perempuan membentuk lebih banyak respon, namun pengguna laki-laki lebih banyak melakukan Share. Berdasarkan kelompok usia, ditemukan bahwa pengguna dari generasi Y paling banyak melalui seluruh tahap respon (AISAS). Temuan penelitian ini dapat menunjukkan respon pengguna Shopee sebagai audiens dari iklan Shopee COD berdasarkan dua unsur dasar dalam demografis, yaitu jenis kelamin dan generasi kelahiran.Kata Kunci: AISAS; Generasi Kelahiran; Iklan Shopee COD; Jenis Kelamin; Respon Pengguna

Downloads

Published

2023-09-08