Taktik Media Mendulang Clickers melalui Teknik Clickbait

Authors

  • Cevi Mochamad Taufik Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Suhaeri Suhaeri Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
  • Ira Lusiawati Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8337

Abstract

Clickers berperan dalam sistem operasionalisasi media yang bergerak di jaringan internet. Kehadirannya sangat menentukan bagi tumbuh atau gagalnya media online. Dalam perkembangannya, dengan semakin banyak pengguna internet secara otomatis mengubah peran clickers, dari semula hanya sebagai pembaca selanjutnya menjadi pasar dan target potensial dalam penyebaran berita. Untuk menarik jumlah khalayak yang mengeklik satu item berita saja, media berstrategi dengan menggunakan teknik clickbait. Teknik ini digunakan untuk menumbuhkan perhatian dan keingintahuan khalayak terhadap konten yang ditebarkan media online sehingga terdorong mengeklik dan membaca secara keseluruhan. Namun clickers kerap kecewa karena clickbait yang digunakan media tidak sesuai dengan naskah yang diterangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik clickbait yang digunakan media online dalam suasana ketika khalayak sudah memahami teknik tersebut. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe analisis konten media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekni clickbait digunakan media kredibel sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan minat pembaca. Teknik ini juga digunakan sebagai salah satu sarana survive bagi media agar dapat secara kontinu melayani kebutuhan informasi khalayak.Kata Kunci: Clickbait; Clickers; Khalayak; Media; Online

Downloads

Published

2023-08-29