Taktik Media Mendulang Clickers melalui Teknik Clickbait
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8337Abstract
Clickers berperan dalam sistem operasionalisasi media yang bergerak di jaringan internet. Kehadirannya sangat menentukan bagi tumbuh atau gagalnya media online. Dalam perkembangannya, dengan semakin banyak pengguna internet secara otomatis mengubah peran clickers, dari semula hanya sebagai pembaca selanjutnya menjadi pasar dan target potensial dalam penyebaran berita. Untuk menarik jumlah khalayak yang mengeklik satu item berita saja, media berstrategi dengan menggunakan teknik clickbait. Teknik ini digunakan untuk menumbuhkan perhatian dan keingintahuan khalayak terhadap konten yang ditebarkan media online sehingga terdorong mengeklik dan membaca secara keseluruhan. Namun clickers kerap kecewa karena clickbait yang digunakan media tidak sesuai dengan naskah yang diterangkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik clickbait yang digunakan media online dalam suasana ketika khalayak sudah memahami teknik tersebut. Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe analisis konten media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekni clickbait digunakan media kredibel sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan minat pembaca. Teknik ini juga digunakan sebagai salah satu sarana survive bagi media agar dapat secara kontinu melayani kebutuhan informasi khalayak.Kata Kunci: Clickbait; Clickers; Khalayak; Media; OnlineDownloads
Published
2023-08-29
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).