Peran New Media Dalam Menciptakan Daya Tarik Wisata Indonesia Bagi Warga Negara Korea Selatan
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.7430Abstract
Pariwisata kini telah menjadi kebutuhan hidup manusia, tak terkecuali bagi Warga Negara Korea Selatan. Sebagai negara yang telah hidup berdampingan dengan internet, new media menjadi salah satu alat yang dimanfaatkan untuk mencari informasi pariwisata, termasuk wisata Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran new media dalam menciptakan daya tarik wisata Indonesia bagi Warga Negara Korea Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) yang merupakan salah satu model dari teori perilaku konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa new media berperan penting dalam proses pencarian informasi hingga keputusan pemilihan destinasi wisata. Dalam proses tersebut, situs Naver menjadi situs new media yang paling sering diakses oleh Warga Negara Korea Selatan, dan dari hasil pencarian yang ditemukan, Warga Negara Korea Selatan memilih atraksi budaya sebagai daya tarik wisata Indonesia yang paling menarik.Downloads
Published
2023-02-23
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).