ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4408Abstract
AbstrakUniversitas Dian Nuswantoro (Udinus) adalah universitas swasta yang unggul di bidang Teknologi Informasi. Pengembangan sistem layanan selalu dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Tinggi, termasuk pengembangan infrastruktur. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan dapat memberikan kepuasan kepada mahasiswa, sebagai pengguna layanan. Kepuasan pelanggan dalam tataran komunikasi pemasaran adalah perasaan yang muncul dalam diri pelanggan ketika produk atau layanan yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan. Dalam praktiknya, Udinus masih menerima keluhan dari siswa mengenai sistem administrasi online yang sering mengalami gangguan ketika mengisi KRS (Kartu Rencana Studi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang membentuk kepuasan siswa dan dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan sistem layanan. Variabel asli yang digunakan adalah variabel kepuasan siswa yang diusulkan oleh Al-Dulaimi (2017), mencakup penilaian, keterlibatan siswa, bimbingan, kurikulum, dan fasilitas. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif eksploratif. Analisis faktor dijadikan metode utama dalam mencari faktor-faktor kepuasan mahasiswa Udinus. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner menggunakan google docs kepada 201 mahasiswa Udinus yang mewakili setiap program studi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat faktor yang terbentuk yang mampu menjelaskan lima variabel asli dan merupakan faktor pembentuk kepuasan mahasiswa Udinus. Keempat faktor tersebut adalah kenyamanan, sentuhan pribadi, lingkungan belajar, dan bimbingan. Faktor yang paling dominan menjelaskan variabel asal adalah kenyamanan. Hasil penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam peningkatan pelayanan Udinus demi meningkatkan kepuasan mahasiswanya. Kata Kunci: Komunikasi perusahaan; kepuasan pelanggan; analisis factor; udinusPublished
2021-03-24
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).