STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATIONS PT. LION MENTARI AIRLINES DALAM MERESPON KASUS KECELAKAAN PESAWAT LION AIR JT610

Authors

  • Muhammad Thoyib Amali Magister Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.2709

Abstract

AbstrakLion Air penerbangan JT610 yang beroperasi dari Jakarta ke Pangkal Pinang jatuh 13 menitsetelah lepas landas pada 29 Oktober 2018 lalu menewaskan seluruh penumpang dan awakpesawat yang berjumlah 189 orang. Kecelakaan ini menyebabkan krisis yang menjadi perhatianpublik terhadap maskapai penerbangan yang telah banyak dikeluhkan oleh pelanggan terkaitmanajemen pelayanan mereka. Menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkanSituational Crisis Communication Theory (SCCT) dengan data yang dikumpulkan melaluidokumen berupa press release dan pemberitaan terkait kecelakaan tersebut, penelitian inimencoba mengidentifikasi dan mendeskripsikan bagaimana Public Relations PT. Lion MentariAirlines sebagai perusahaan yang mengoperasikan pesawat Lion Air menciptakan strategi untukmengelola dan menangani krisis tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PublicRelations PT. Lion Mentari Airlines menggunakan gabungan strategi respon krisis primer antarastrategi pengurangan (diminish) dan strategi pembangunan kembali (rebuild). Selain itu merekajuga menggunakan strategi respon krisis sekunder berupa strategi memuji (ingratiation) danstrategi korban (victimage).Kata kunci: Komunikasi Krisis, Lion Air, Public Relations, Respon Krisis, SCCT. AbstractLion Air Flight JT610 that operated from Jakarta to Pangkal Pinang crashed 13 minutes aftertakeoff on 29 October 2018, killing all 189 people on board. This accident causing crisis thatdrawing public attention towards the airlines that has been complained a lot by their customersabout their services management. Using descriptive qualitative method based on SituationalCrisis Communication Theory (SCCT) on data that collected through press release and newsrelated to the accident, this research tries to identify and describe how Public RelationsDepartment of PT. Lion Mentari Airlines, a company that operates Lion Air airlines creatingstrategies to manage and handle the crisis. This study shows that Public Relations Departmentof PT. Lion Mentari Airlines uses a combination of primary crisis response strategies betweendiminish strategies and rebuild strategies. In addition, they also used secondary crisis responsestrategies in the form of ingratiation strategies and victimage strategies.Keywords: Crisis Communication, Crisis Response, Lion Air, Public Relations, SCCT.

Downloads

Published

2019-07-25