Perancangan Buku Aktivitas mengenai Ilmu Astronomi untuk Anak Umur 9-12 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i04.6924Abstract
AbstrakAstronomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena alam yang terdapat di luar angkasa maupun di dalam Bumi. Pengetahuan ini sangat memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan astronomi manusia menemukan berbagai penemuan yang menunjang kehidupan seperti pesawat, satelit, dan sebagainya. Tetapi ilmu tersebut dianggap rumit dan masih minimnya sumber informasi mengenai astronomi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa anak-anak kurang tertarik dengan media pembelajaran astronomi yang sudah ada karena dianggap membosankan, kalimat yang susah dipahami dan penggunaan teks yang terlalu banyak dibandingkan teks, sehingga tidak meningkatkan minat mereka. Berdasarkan hasil riset media pembelajaran yang disukai anak-anak adalah buku interaktif. Buku interaktif yang dulu sekarang dikenal dengan buku aktivitas, sehingga penulis akan merancang buku aktivitas yang di dalamnya terdapat sebuah aktivitas sains. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner dan studi pustaka. Hasil perancangan ini akan dipublikasikan secara komersial guna memperkenalkan astronomi dengan cara yang berbeda. Kata Kunci: astronomi, media aktivitas, luar angkasa, ilustrasi AbstractAstronomy is the study of natural phenomena found in outer space and on Earth. This knowledge has an important role in human life. With astronomy humans find various discoveries that support life such as planes, satellites, etc. But the science is considered complicated and there is still a lack of sources of information about astronomy. Based on the results of the study that children are less interested in the existing astronomy learning media because they are considered boring, sentences are difficult to understand and the use of text is too much compared to text, so it does not increase their interest. Based on the research results, the preferred learning media for children is interactive books. An interactive book that used to be known as an activity book, so the author will design an activity book in which there is a science activity. This design uses a qualitative-descriptive method, by collecting data through questionnaires and literature studies. The results of this design will be published commercially to introduce astronomy in a different way. Keyword: astronomy, activity media, outer space, illustrationReferences
Asadullah, Dr. M. Nasrul Kamal, M.Sn., San Ahdi, S.Sn., M. D. (2018). Perancangan Media Edukasi Interaktif Ensiklopedia Astronomi Untuk Anak-Anak
Asela, S., Salsabila, U. H., Lestari, N. H. P., Sihati, A., & Pertiwi, A. R. (2020). Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran PAI Bagi Gaya Belajar Siswa Visual. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.
Asri, S. sahrul. (2017). Telaah Buku Teks Pegangan Guru Dan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII Berbasis Kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70–82.
Azizi, J. (2020). Perancangan Motion Graphics Sebagai Sarana Edukasi Astronomi Di Indonesia. Fakultas Seni Rupa, 1(1), 1.
Darmalaksana, W. (2020a). Cara Menulis Proposal Penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmalaksana, W. (2020b). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32620/
Design Thinking. (2019). Interaction Design Foundation. https://www.interaction- design.org/literature/topics/design-thinking
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
Firmansyah, A. (2020). Kajian Unsur-Unsur Semantik Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas Viii Kurikulum 2013. Jurnal Tuturan, 9(1), 9.
Guslinda, Rita Kurna. (2018). Media-Pembelajaran-Anak-Usia-Dini. Surabaya
Halodoc, 2018, “4 Manfaat Belajar Astronomi Untuk IQ Anak” https://www.halodoc.com/artikel/4-manfaat-belajar-astronomi-untuk-iq-anak, diakses pada tanggal 15 Maret 2022 pukul 15.35
Hussein, A. (2018). Metode Design Thinking Untuk Inovasi Bisnis.
Mar’atun, A. N. (2018). Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak. Psikologi Umsida, 1–15. eprints.umsida.ac.id/1129/3/PSImasaanak2.pdf
Millenisa, Defara Wahyu, A. (2022). 4 Manfaat Astronomi untuk Kecerdasan Anak, Yuk Ajarkan. https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-astronomi
Tjandra, L. (2017). Perancangan Buku Interaktif Pembelajaran Astronomi Bagi Anak Kelas 5 – 6 SD. 1–7.
Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). Kajian Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. 204.
Widiastutik, S.-. (2020). Strategi Persuasif Dalam Sales Promotion Dengan Media Outdoor Ad: Studi Kasus Bahasa Persuasif Pedagang Kaki Lima di Denpasar Selatan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(1), 26–35.
Virginia, U. of. (2022). Why Study Astronomy? https://astronomy.as.virginia.edu/why-study-astronomy
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).