PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG ONLINE YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA SHOPEEFOOD)

Siti Nurkhasanah, Mahmud Mahmud

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of price and promotion on online repurchase intention mediated by consumer satisfaction (Study on ShopeeFood). The population in this study were all students of Dian Nuswantoro University Semarang who had ordered food or drinks through ShopeeFood. Respondents who processed as many as 112 sample data with SEM (Structural Equation Modeling) analysis technique, which was operated using the Smart PLS program. The results showed that price and promotion had a positive effect on consumer satisfaction, and price and promotion had a positive effect on repurchase intention, and consumer satisfaction had positive effect on ShopeeFood's repurchase interest.

Keywords: Price; Promotion; Consumer Satisfaction; Online Repurchase Interest

 

Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang Online yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen (Studi pada Shopeefood). Populasi pada penelitian ini adalah semua mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang sudah pernah melakukan pemesanan makananan atau minuman melalui Shopeefood. Responden yang diolah sebanyak 112 data sampel dengan teknik analisis (Structural Equation Modeling) SEM, yang di oprasikan mengunakan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, serta harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli ulang, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang Shopeefood.

Kata kunci: Harga; Promosi; Kepuasan Konsumen; Minat Beli Ulang Online


Full Text:

PDF

References


Abidin A., Zainal, Azhari, T.Z., Esfandiar, N.W., Nuryaningrum, N., Syifana, A.F.D., & Cahyaningrum I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM Di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31.

Ahidin, U. (2020). Pengaruh Harga dan Kegiatan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Cahaya Electric Di Tangerang.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1) 39–47.

Albari, & Safitri, I. (2018). The Influence of Product Price on Consumers’ Purchasing Decisions. Review of Integrative Business and Economics Research, 7(2), 328–337.

Anggraeni, D., & Setiorini, A (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan PT. Sakyo Putra Pratama. Jurnal Ekonomi dan Industri, 22(2), 1-8.

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Konsumen Gojek.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254.

Arin, I., & Wiyono. (2021). Analisis Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Perilaku Konsumen Dengan Minat Sebagai Moderasi Terhadap Kepuasan Konsumen Muslim.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 4(2), 1096-1103. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i2.387.

Bagaskara, B. P., & Kana, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen IPhone pada Mahasiswa YKPN Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis, 2(1), 35–56.

Bakti, U., Hairudin, & Alie, M.S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga terhadap Minat Beli pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Dwiputra, J., & Prabantoro, G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Coffeeography Salemba). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–21.

Fadila, R., & Manurung, H. P. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualiatas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Bakso Mekar Asih Desa Binjai Baru Kabupaten Batu Bata. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 2(2), 18-25.

Febrianza, R., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Pada E-Commerce Shopee (Studi Pengguna Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa STEI Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1-19.

Fiona, D.R., & Hidayat, W. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Gopay Di Jabodetabek). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 333-41.

Ghassani, M. T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Pelanggan PT. Bandeng Juwana Elrina Semarang). Diponegoro Journal of Social and Political Science, 1–8.

Gunari, B.T., & Oktafani, F. (2018). Pengaruh Servicescape dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang pada Siete Cafe Bandung. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 2(1), 66-72.

Hadi, A.S. (2021). The Influence of Product Attribute, Promotion Mix, Distribution Channel, and Price toward Repurchase Intention on IPhone. Asian Management and Business Review, 1(2), 95-104. https://doi.org/10.20885/ambr.vol1.iss2.art2.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 18(1), 61-72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098.

Irawan, M.R.N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri 5(2), 140. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1097.

Jayani, D.H. (2021). Jumlah Pengunjung Tokopedia Kalahkan Shopee Pada Kuartal I-2021. Diakses dari Databoks.co.id

Kartini, I., Wibowo, E.W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas dalam Berbelanja Online pada Shopee.Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.423.

Kristia, S.E., & Harti. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok untuk Meningkatkan Minat Beli Produk UKM Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428–38.

Listiawati, L., Afriani, R. I. & Solehan, T. (2017). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(2). https://doi.org/10.35448/jrat.v10i2.4256.

Maino, G. P., Sepang, J. L., & Roring, F. (2022). Influence of Product Innovation, Price Perception and Promotion on Buying Interests In Verel Bakery and Coffee. Jurnal EMBA, 10(1), 184-190.

Manumpil, A., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1808-1818.

Nurbayti. (2019). Tren Pengguna Aplikasi Go-Food Di Era Digital (Studi Fenomenologi Pengguna Go-Food Di Universitas Amikom Yogyakarta). Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 1(1), 1-10.

Pratama, R. E., Suryono D., & Santosa, B. (2021). Melalui Kepuasan Konsumen (Studi pada Pengguna Produk Avoskin Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi, 10: 6-12.

Putra, G., Arifin, Z. & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 88103.

Rahayu, S., & Dwi. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Jasa Pelatihan Uvi Consultant Yogyakarta). Jurnal Manajemen, 11(1), 64-75. https://doi.org/10.26460/jm.v11i1.2273.

Ramadhan, A. G., & Santosa, B.S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running Di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 1-12.

Safira, G., & Lestariningsih, M. (2021). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Produk Wardah. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1–14.

Saga, U., Kaka A., Wahyu. C., & Rahayu, E. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Sanata Dharma. MINA, 428-439.

Sarahnadia, & Suryoko, M.S.S. (2017). The Influence of Store Atmosphere, Location, and Price on Repurchase Intention (Case Study on the Customer of Carrefour DP Mall Semarang). Diponegoro Journal of Social and Political, 1-7.

Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping pada Remaja Di Situbondo. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(2), 107-116.

Sentiana, S. S. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254.

Suhardi, D. (2021). Pengaruh Promosi, Inovasi, Harga terhadap Pembelian Ulang Di Toko Oleh-oleh Haji dengan Loyalitas sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(02), 1165-1178.

Sinambela, R. Y. P., & DS, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Portobello Café Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240. https://doi.org/10.14710/jiab.2019.24134

Srigati, F.N. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada PT. Nusantara.” Jekma.

Sudarso, A., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan Sowe Bistro Medan. Jurnal Esekutif, 15(1), 216–43.

Sudirman, A., Halim, F. & Pinem, R.J. (2020). Kepercayaan sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4822.

Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16–29.

Tiefani, A. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen pada PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6 (1).

Tondang, B.W. & Sutrisna E. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Pekanbaru. JOM FISIP, 6(20, 1-13.


Article Metrics

Abstract view : 1302 times
PDF - 991 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB)

Published by
Program Studi Manajemen | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia

Emailredaksi.jmdb@feb.dinus.ac.id
Phone: (024) 3567010
Website:  http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JMDB

E-ISSN 2829-5978


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.