PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA GRAB MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Lannita Febiyanti, Diana Aqmala

Abstract


ABSTRACT
This study aims to analyze the variabels of E-WOM, brand image, product quality, price perception on purchase decision with purchase intention as an intervening variabel on customers of Grab in Semarang. Data were collected by using Google Form questionnaire which is shared via WA, Twitter and Instagram of Semarang citizens who have used Grab at least 3 times, with a minimum age 17 of years old. Data were obtained by using purposive sampling method taken from 133 respondents using multiple linear regression and path analysis. The result showed that brand image, product quality and price perception variabel have a direct effect on purchase decision and purchase intention, E-WOM variabel only directly affect purchase intention and did not directly affect purchase decision, and purchase intention directly affect purchase decision.

Keywords: E-WOM; Brand Image; Product Quality; Price Perception; Purchasing Decision; Buying Interest


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel E-WOM, brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada pengguna Grab di Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Google Form yang dibagikan melalui aplikasi WA, Twitter dan Instagram masyarakat Semarang yang pernah menggunakan Grab minimal 3 kali dengan umur minimal 17 tahun. Data tersebut diperoleh dengan metode purposive sampling dari 133 responden menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel brand image, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dan minat beli, pada variabel E-WOM hanya berpengaruh langsung pada variabel minat beli dan tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, serta variabel minat beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: E-WOM; Brand Image; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian; Minat Beli



Full Text:

PDF

References


Adila, S. N. & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran KFC Cabang Khatib Sulaiman Padang. 1–16.

Ali, I., Irdiana, S. & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus ( Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang ). Prog. Conf., 2, 406–413.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Andriyanti, R. & Indriani, F. (2017). Pengaruh E-WOM terhadap Citra Merek dan Minat Beli pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal of Managemen, 6.

Arifin, E. & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan. J. Mix, 5, 124– 143.

Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1 (4), 2117-2129.

Fianto, A.Y.A, Djumilah H., Siti A. dan Solimun. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase BehaviourThrough Brand Trust. Business Management and Strategy, 5 (2), 66-71.

Hariani. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Konsumen Menggunakan Gas LPG di Desa Rambah Utama. Universitas Pasir Pengaraian.

Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Asy-Syarikah Jurnal Lembaga Keuangan, Ekononomi dan Bisnis Islam, 2.

Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P. & Dwivedi, Y. K. (2020). The Effect of E-WOM Communications on Intention to Buy: A Meta-Analysis. Inf. Syst. Front., 22.

Kaharu, D. & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cosmic. J. Ilmu dan Riset Manajemen, 1–24.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, Global Edition. 14th Edition. New York: Pearson Education.

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kusdyah, I. (2012). Persepsi harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7 (1).

Kusumawati, D. & Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan terhadap Minat Beli secara Online saat Pandemi Covid-19 pada Masyarakat Millenia di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 6 (1).

Laksmi A.A. dan Farah O. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Minat Beli Followers Instagram pada Warunk Upnormal. Journal Computer & Bisnis, 10 (2), 2442-4943.

Luthfiyatillah, Millatina, A. N., Mujahidah, S. H. & Herianingrum, S. 2020. Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( E-WOM ) terhadap Minat Beli serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 5, 101–115.

Mahaputra, G.D.K. & Setiawan P.Y. (2019). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung. E-Jurnal Manajemen, 8 (12), 7326-7348.

Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Yusri, A. (2014). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 1–7.

Majid, N. 2013. Analisis Pengaruh E-WOM terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang Oleh. J. Chem. Inf. Model, 53, 1689–1699.

Mongi, L., Lisbeth M. dan Agusta R. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1 (4): 2336-2346.

Munisih, S. & Soliha, E. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper, Kinerja Perbankan, Bisnis dan Ekonomi Indonesia Menghadapi AEC 2015. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank. Semarang.

Negara, A. . N. D. E., Arifin, Z. & Nuralam, I. P. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pembeli Di Gerai Starbucks Di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 61, 202–209.

Ningrum, I.T.J. dan Sengguruh N. (2016). Pengaruh Event dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild pada PT Hm Sampoerna Area Marketing Surabaya. e-Jurnal Manajemen Kinerja, 2 (1).

Prabowo, I. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY pengguna iPhone). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, H. P. & Rahmawaty, P. (2017). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Persepsi harga terhadap Keputusan Pembelian (Study pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Early Acoust, 65, 1–10.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2, 45–53.

Supriyadi, S., Wiyani, W. & Nugraha, G. I. K. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4.

Wariki, G.M., Lisbeth M. dan Tawas H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3 (2), 1073–85.


Article Metrics

Abstract view : 2668 times
PDF - 1921 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB)

Published by
Program Studi Manajemen | Universitas Dian Nuswantoro
Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang 50131, Indonesia

Emailredaksi.jmdb@feb.dinus.ac.id
Phone: (024) 3567010
Website:  http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JMDB

E-ISSN 2829-5978


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.