PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA GRAB MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
ABSTRACTThis study aims to analyze the variabels of E-WOM, brand image, product quality, price perception on purchase decision with purchase intention as an intervening variabel on customers of Grab in Semarang. Data were collected by using Google Form questionnaire which is shared via WA, Twitter and Instagram of Semarang citizens who have used Grab at least 3 times, with a minimum age 17 of years old. Data were obtained by using purposive sampling method taken from 133 respondents using multiple linear regression and path analysis. The result showed that brand image, product quality and price perception variabel have a direct effect on purchase decision and purchase intention, E-WOM variabel only directly affect purchase intention and did not directly affect purchase decision, and purchase intention directly affect purchase decision.Keywords: E-WOM; Brand Image; Product Quality; Price Perception; Purchasing Decision; Buying InterestABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel E-WOM, brand image, kualitas produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening pada pengguna Grab di Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Google Form yang dibagikan melalui aplikasi WA, Twitter dan Instagram masyarakat Semarang yang pernah menggunakan Grab minimal 3 kali dengan umur minimal 17 tahun. Data tersebut diperoleh dengan metode purposive sampling dari 133 responden menggunakan analisis regresi berganda dan analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel brand image, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian dan minat beli, pada variabel E-WOM hanya berpengaruh langsung pada variabel minat beli dan tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian, serta variabel minat beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: E-WOM; Brand Image; Kualitas Produk; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian; Minat BeliReferences
Adila, S. N. & Aziz, N. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Restoran KFC Cabang Khatib Sulaiman Padang. 1–16.
Ali, I., Irdiana, S. & Irwanto, J. (2019). Dampak Brand Image, Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus ( Studi Pada Toko Komputer Lumajang Computer Centre Di Kabupaten Lumajang ). Prog. Conf., 2, 406–413.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Andriyanti, R. & Indriani, F. (2017). Pengaruh E-WOM terhadap Citra Merek dan Minat Beli pada Produk Kosmetik Wardah. Dipenogoro Journal of Managemen, 6.
Arifin, E. & Fachrodji, A. (2015). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Ban Achilles Di Jakarta Selatan. J. Mix, 5, 124– 143.
Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, 1 (4), 2117-2129.
Fianto, A.Y.A, Djumilah H., Siti A. dan Solimun. (2014). The Influence of Brand Image on Purchase BehaviourThrough Brand Trust. Business Management and Strategy, 5 (2), 66-71.
Hariani. (2013). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Konsumen Menggunakan Gas LPG di Desa Rambah Utama. Universitas Pasir Pengaraian.
Huda, N. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar. Asy-Syarikah Jurnal Lembaga Keuangan, Ekononomi dan Bisnis Islam, 2.
Ismagilova, E., Slade, E. L., Rana, N. P. & Dwivedi, Y. K. (2020). The Effect of E-WOM Communications on Intention to Buy: A Meta-Analysis. Inf. Syst. Front., 22.
Kaharu, D. & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Cosmic. J. Ilmu dan Riset Manajemen, 1–24.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, Global Edition. 14th Edition. New York: Pearson Education.
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kusdyah, I. (2012). Persepsi harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7 (1).
Kusumawati, D. & Saifudin. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan terhadap Minat Beli secara Online saat Pandemi Covid-19 pada Masyarakat Millenia di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi & Bisnis, 6 (1).
Laksmi A.A. dan Farah O. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Minat Beli Followers Instagram pada Warunk Upnormal. Journal Computer & Bisnis, 10 (2), 2442-4943.
Luthfiyatillah, Millatina, A. N., Mujahidah, S. H. & Herianingrum, S. 2020. Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( E-WOM ) terhadap Minat Beli serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 5, 101–115.
Mahaputra, G.D.K. & Setiawan P.Y. (2019). Peran Sikap Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung. E-Jurnal Manajemen, 8 (12), 7326-7348.
Mahendrayasa, A. C., Kumadji, S., & Yusri, A. (2014). Pengaruh Word Of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Pengguna Kartu Selular GSM “IM3” Angkatan 2011/2012 dan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 12(1), 1–7.
Majid, N. 2013. Analisis Pengaruh E-WOM terhadap Brand Image dan Dampaknya pada Minat Beli Smartphone Samsung di Kota Malang Oleh. J. Chem. Inf. Model, 53, 1689–1699.
Mongi, L., Lisbeth M. dan Agusta R. (2013). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 1 (4): 2336-2346.
Munisih, S. & Soliha, E. (2015). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan pelanggan dan Dampaknya pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper, Kinerja Perbankan, Bisnis dan Ekonomi Indonesia Menghadapi AEC 2015. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank. Semarang.
Negara, A. . N. D. E., Arifin, Z. & Nuralam, I. P. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pembeli Di Gerai Starbucks Di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 61, 202–209.
Ningrum, I.T.J. dan Sengguruh N. (2016). Pengaruh Event dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild pada PT Hm Sampoerna Area Marketing Surabaya. e-Jurnal Manajemen Kinerja, 2 (1).
Prabowo, I. (2016). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth terhadap Minat Beli (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY pengguna iPhone). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sari, H. P. & Rahmawaty, P. (2017). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Persepsi harga terhadap Keputusan Pembelian (Study pada Konsumen Smartphone Xiaomi di DIY). Early Acoust, 65, 1–10.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2, 45–53.
Supriyadi, S., Wiyani, W. & Nugraha, G. I. K. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4.
Wariki, G.M., Lisbeth M. dan Tawas H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3 (2), 1073–85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.