PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR MELALUI ALIH WAHANA RELIEF TANTRI KAMANDAKA CANDI JAGO
Keywords:
Alih Wahana, Candi Jago, Cerita Bergambar, Relief Tantri KamandakaAbstract
Buku cerita bergambar dengan pesan moral dan etika untuk pembaca anak-anak menjadi tujuan penelitian, melibatkan alih wahana dari relief tantri Kamandaka di Candi Jago, Tumpang, Malang, Jawa Timur. Relief candi, salah satu tradisi sastra Indonesia, tampaknya kehilangan daya tariknya bagi generasi muda, terutama anak-anak. Dimungkinkan oleh invasi budaya asing di Indonesia dan menjamurnya perangkat teknologi seperti smartphone, yang telah menjadi candu dan bagi anak-anak kini. Relief candi menyimpan pengetahuan budaya asli Nusantara yang bermanfaat bagi generasi saat ini, itulah sebabnya upaya pelestarian diperlukan. Hal ini dilakukan dengan mengalihwahanakan sejumlah cerita dari relief tantri Kamandaka di Candi Jago menjadi buku bergambarReferences
Alfiatul, F., Kurniawan, M. I. 2015. Literature Study of the Effectiveness of Picture Story Media in Teaching Speaking Skills for Elementary School Students. Academia Open, 6, pp 10–21
Atmadi, Pramono. 1979. “Beberapa Patokan Perancangan Bangunan Candi: Penelitian melalui Ungkapan Bangunan pada Relief Candi Borobudur” Pelita Borobudur Seri C No. 2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pelita Pemugaran Candi Borobudur.
Ayotrohaedi, Kamus Istilah Arkeologi I. 1981. Proyek Peneliian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Brandes, J.L.A. 1913. Oud Javaansche Oorkonden Nagelaten Transcripties van Wijlan Dr.
Brandes, J.L.A. 1915. Uitgegevan door Dr.N.J. Krom, VBG LX. The Hague: Martinus.
Damono, Sapardi Djoko. 1996. Alih Wahana. Jakarta: PT. Gramedia.
Lalita Gilang, Riana Maslan Sihombing, Nedina Sari, 2018. “Pengaruh Konteks Dan Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini”, jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol 8 no 1, Januari, pp 43-49.
Iskandar, Eddy D. 1999. Panduan Praktis Menulis Skenario. PT Remaja Rosdakarya.
Kramrisch, Stella. 1976. The Hindu Temple (Volume I dan II).Varanasi Madras : Motial Banarsides.
Kempers, Bernet. 1959. Ancient Indonesian Art. Cambridge, Massachussetts : Harvard University Press.
Kusen. 1985. Kreativitas dan Kemandirian Seniman Jawa dalam Mengolah Pengaruh Budaya Asing: Studi Kasus tentang Gaya Seni Relief di Jawa Abad 9-15 Masehi.Yogyakarta: Proyek Penelitian dan Pengkajian Nusantara (Javanologi).
Nurgiantoro, B. 2018. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.
Ratnasari, Eka September., 2019. Eni Zubaidah. Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan,Vol 9 No 3, pp.268-269
Siregar, Rahmah Ferdiani. 2026. “Penerapan Media Buku Cerita Bergambar (Big Book) Dalam Perkembangan Bahsa Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Nurul Iman Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Berdagai”, Skripsi, pp.215
Soekmono, R. 1990. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia II. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Suryaningsih, E., Fatmawati, L. 2017. Pengembangan Buku Cerita Bergambar tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), pp 113–124.
Sumijadi, Atmosudiro. 2006. Khasanah Sumberdaya Arkeologi Indonesia, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, Pidato Pengukuhan Guru Besar.
Ula, T. 2014. Perancangan buku Visual Permainan tradisional Sunda. Skripsi. Bandung: Universitas Telkom.
Widyaningsih, Heni. 2019. “Kelayakan Buku “Best Buddies English For Kindergarten (Book 2)” Sebagai Buku Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini di TA-TK Al-Azhar Syifa Budi Solo”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp. 8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wisnu Adisukma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya ini dilisensikan di bawah CC BY-SA 4.0


