Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Social Comparison Pada Orang Muda di Jakarta (Studi pada Konten Flexing Influencer TikTok @siscakohl)

Authors

  • Patricia Nathania Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Lisa Esti Puji Hartanti Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v8i2.13496

Abstract

Media sosial merupakan bagian dari media baru yang mampu memberikan pengaruh kepada penggunanya. Salah satu pengaruh jenis konten di media sosial yaitu konten flexing oleh influencer yang dapat menimbulkan perilaku social comparison bagi audiens. Studi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten media sosial pada konten flexing influencer TikTok @siscakohl terhadap social comparison di kalangan orang muda di Jakarta. Studi ini menggunakan dua teori utama yaitu konten media sosial dan social comparison. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan perolehan data melalui survei online kepada 100 responden. Temuan dalam penelitian ini adalah konten media sosial pada konten flexing influencer TikTok @siscakohl memiliki pengaruh positif signifikan dan bersifat sedang terhadap social comparison pada orang muda di Jakarta sebesar 0.376. Kemudian, terdapat interpretasi yang memperdalam temuan tersebut yaitu meskipun konten flexing memiliki pengaruh terhadap perilaku social comparison, namun terdapat tiga hal yang menjadi pertimbangan audiens dalam mengonsumsi: Pertama, konten haruslah informatif dan bermanfaat, sehingga dapat menciptakan komunikasi yang efektif melalui media sosial. Lalu, konten juga perlu memiliki ciri khas agar dapat menarik audiens dalam mengonsumsi informasi. Kedua, ketika seseorang melihat konten flexing di media sosial maka dapat menginspirasi dan memotivasi dirinya untuk berusaha lebih keras mencapai kesuksesan. Ketiga, pada dasarnya seseorang dapat mengelola pengaruh media sosial terhadap dirinya. Sehingga mereka dapat memilih untuk mempertahankan persepsi diri yang positif, mampu memilih konten dengan bijaksana, dan menyadari dampaknya. Kata kunci: Efek Media; Konten Media Sosial; Media Sosial; Social Comparison

Downloads

Published

2025-09-02