Komodifikasi Agama Dalam Film Pemandi Jenazah

Authors

  • Razhi Syuhada Putra Universitas Ahmad Dahlan
  • Anang Masduki Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v8i2.12580

Abstract

Menurut Kementerian Agama mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama islam menyentuh angka 87% dari total populasi Indonesia. Hal tersebut menjadikan peluang bagi komodifikasi agama terbentuk karena adanya transformasi komodifikasi menjadi komoditas yang pada awal tidak dipasarkan sehingga sekarang menjadi bisnis. Fenomenakomodifikasi ini berkelanjutan hingga mulai merambah pada industri film. Meningkatnya penggunaan nilai-nilai agama menjadi sesuatu yang sudah mengkhawatirkan karena ini menujukkan besarnya penggunaan agama sebagai bahan komoditas untuk industri film di Indonesia. Berdasarkan permasalahan tentang komodifikasi agama yang sudah mengkhawatirkan di industri film Indonesia sehingga peneliti tertarik untuk untuk meneliti bagaimana komodifikasi agama yang ada pada film Pemandi Jenazah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis semiotika John Fiske. Hasil dari penelitian ini adalah banyak ditemukan bentuk-bentuk komodifikasi agama yaitu ritual agama, nilai ajaran agama, dan nilai nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan simbol, ritual, nilai agama yang sudah dinormalisasikan. Kata kunci: Agama; Film; Komodifikasi; Pemandi Jenazah; Semiotika John Fiske

Downloads

Published

2025-09-01