Optimalisasi Instagram Sebagai Media Pemasaran Sosial dalam Membentuk Kesadaran Lingkungan pada Generasi Z
Studi Analisis isi Konten @Pandawaragroup
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v7i2.12053Abstract
Indonesia berada diurutan ke-5 negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar. Sampah perlahan akan merusak ekosistem mulai dari mengubah rantai makanan dan merusak habitat biota laut. Dampak kerusakan yang semakin nyata akibat pencemaran sampah laut terutama berjenis plastik menggugah banyak pihak untuk memikirkan solusi penanganannya. Instragram merupakan sosial media yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara daring. Selain itu, Instagram juga digunakan sebagai tempat orang berjualan secara online hingga kampanye sosial serta lingkungan. Kampanye untuk kebersihan lingkungan bukan sekadar aktivitas sosial, tetapi merupakan langkah konkret menuju perubahan positif. Melalui media sosial @pandawaragroup secara rutin membagikan informasi terkait jenis-jenis sampah, gambaran tentang kerusakan yang terjadi, serta mengajak masyarakat, terutama generasi Z (Gen Z) untuk aktif terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan dengan aksi nyata membersihkan selokan, sungai dan pantai. Tujuan utamanya meningkatkan pemahaman tentang dampak kerusakan lingkungan serta memberikan panduan, motivasi tentang perilaku yang dapat mendukung pelestarian alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Metode tersebut digunakan untuk memahami makna dalam teks tertulis atau data non-teks, seperti gambar atau rekaman suara. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana @pandawaragroup berperan dalam mengkampanyekan isu pelestarian lingkungan, dan bagaimana pesan-pesan mereka dapat mempengaruhi kesadaran dan tindakan masyarakat terkait permasalahan lingkungan, terutama terkait dengan sampah. Kata Kunci: Generasi Z; Instagram; Kampanye; Pelestarian lingkunganDownloads
Published
2025-02-03
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
















