Komunikasi Pemasaran Word of Mouth Kelompok Belajar Harapan Bunda Kedungwuluh Purwokerto dalam Membangun Kepercayaan Klien
DOI:
https://doi.org/10.33633/ja.v7i2.12007Abstract
Keberadaan Kelompok Belajar (KB) semakin meningkat baik di kota besar maupun kota kecil seperti Purwokerto. Perlu adanya strategi pemasaran yang tepat bagi KB untuk dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dalam memikat calon klien. Salah satunya, strategi komunikasi pemasaran word of mouth yang dilakukan oleh Kelompok Belajar Harapan Bunda Kedungwuluh Purwokerto Barat atau yang dikenal dengan sebutan KB Harbund. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan komunikasi pemasaran word of mouth KB Harbund dalam membangun kepercayaan klien dari aspek harmony, acceptance dan participation simplicity. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara snowball sampling, observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini dikaji dengan teori kepercayaan klien dari Manfred Bruhn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth di KB Harbund berasal dari pihak internal dan eksternal KB Harbund. Dari pihak internal yaitu kepala sekolah dan guru-guru KB Harbund dengan KB Harbund menyosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan anak usia dini dan menawarkan biaya sekolah yang murah, sementara dari pihak eksternal yaitu wali murid dan stakeholder dari KB Harbund dengan menceritakan dan merekomendasikan KB Harbund kepada calon klien. Word of mouth yang dilakukan ini berhasil membangun kepercayaan klien melalui program-program yang ada di KB Harbund, diantaranya program subsidi silang, program parenting, program outing class, program kesehatan, dan program konsultasi. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran Word of mouth; Teori Kepercayaan Klien Manfred Bruhn; Kelompok Belajar; KB Harbund PurwokertoDownloads
Published
2025-02-03
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
















