PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK EVENT TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA CLEO FESTIVAL KULINER DI KOTA MEDAN

Authors

  • Cut Ella Fadilla Hastami Politeknik Negeri Medan
  • John Sihar Manurung

Keywords:

Media Sosial, Daya Tarik Event, Keputusan Berkunjung

Abstract

Cleo Festival Kuliner Medan 2025 merupakan salah satu acara hiburan populer yang menggabungkan pengalaman kuliner dengan pertunjukan musik. Festival berskala besar ini berhasil menarik perhatian masyarakat melalui berbagai tenant kuliner dan penampilan artis terkenal. Namun, hasil observasi lapangan menunjukkan adanya keluhan terkait ketidakjelasan informasi di media sosial, yang menekankan pentingnya peran media sosial dan daya tarik event dalam memengaruhi keputusan pengunjung untuk hadir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan daya tarik event terhadap keputusan pengunjung menghadiri Cleo Festival Kuliner Medan 2025. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, kuesioner dibagikan kepada 96 responden berusia 17–35 tahun yang telah menghadiri acara tersebut. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan daya tarik event berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan berkunjung, dengan nilai R² sebesar 0,840, yang berarti 84% keputusan dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Kata Kunci: Media Sosial; Daya Tarik Event;Keputusan Berkunjung

References

Amalia, R. P. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word of Mouth Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Lokal Pada …. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27408/%0Ahttp://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27408/3/A021191108_skripsi_04-08-2023 dp.pdf

Aristian, R. S., & Ginny, P. L. (2023). Pengaruh personal selling, media promosi, dan citra merek terhadap kepuasan keputusan pembelian konsumen pada PT. Cyberindo Aditama. Nikamabi, 2(2), 22–29. https://doi.org/10.31253/ni.v2i2.2580

Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67

Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31511

Bulan, T. P. L., Junaida, E., & Maitama, M. H. (2021). Daya Tarik Wisata, Motivasi dan Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia (Jaapi), 2(1), 115–123.

Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13. https://doi.org/10.30659/jkr.v4i1.36639

Dewi, N. P. W., & Mertayasa, I. G. A. (2023). The Effect of Tourism Attraction , Facilities and Social Media on the Decision to Visit Tourists to Taman Denbukit Camping Ground , Sukasada District , Buleleng Regency , Bali. Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora (JAKADARA), 02(01), 33–46.

Elia, A., & Dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariete SPSS 26 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Harmoni, J., & Bangsa, N. (2023). Jurnal Harmoni Nusa Bangsa Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Indonesia. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(1), 57–66. http://stipram.co.id

Kristiutami, Y.P. (2017). Pengaruh Keputusan Berkunjung Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Geologi Bandung (Vol. 4). Bandung. Diakses 16 Februari 2021 dari : https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1761

Nugraha, A. A. S. (2019). Pengaaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Jalan Sinar Kabupaten Cianjur. Pelayanan Kesehatan, 2015, 3–13. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf

Saputra, Niko (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Padang : Universitas Negeri Padang

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta

Ulwiyah, M. S. (2023). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 3(3), 473–479. https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim%0APengaruh

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Hastami, C. E. F., & John Sihar Manurung. (2025). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK EVENT TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA CLEO FESTIVAL KULINER DI KOTA MEDAN. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis (JMDB), 4(2), 68–74. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/JMDB/article/view/14986

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.