PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN DAYA TARIK EVENT TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG PADA CLEO FESTIVAL KULINER DI KOTA MEDAN
Keywords:
Media Sosial, Daya Tarik Event, Keputusan BerkunjungAbstract
Cleo Festival Kuliner Medan 2025 merupakan salah satu acara hiburan populer yang menggabungkan pengalaman kuliner dengan pertunjukan musik. Festival berskala besar ini berhasil menarik perhatian masyarakat melalui berbagai tenant kuliner dan penampilan artis terkenal. Namun, hasil observasi lapangan menunjukkan adanya keluhan terkait ketidakjelasan informasi di media sosial, yang menekankan pentingnya peran media sosial dan daya tarik event dalam memengaruhi keputusan pengunjung untuk hadir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan daya tarik event terhadap keputusan pengunjung menghadiri Cleo Festival Kuliner Medan 2025. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei, kuesioner dibagikan kepada 96 responden berusia 17–35 tahun yang telah menghadiri acara tersebut. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan daya tarik event berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan berkunjung, dengan nilai R² sebesar 0,840, yang berarti 84% keputusan dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Kata Kunci: Media Sosial; Daya Tarik Event;Keputusan BerkunjungReferences
Amalia, R. P. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word of Mouth Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Lokal Pada …. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27408/%0Ahttp://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27408/3/A021191108_skripsi_04-08-2023 dp.pdf
Aristian, R. S., & Ginny, P. L. (2023). Pengaruh personal selling, media promosi, dan citra merek terhadap kepuasan keputusan pembelian konsumen pada PT. Cyberindo Aditama. Nikamabi, 2(2), 22–29. https://doi.org/10.31253/ni.v2i2.2580
Aulia, A. R., & Yulianti, A. L. (2019). Pengaruh City Branding “a Land of Harmony” Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Puncak, Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi) 1,2, 3(3), 71. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss1.pp67
Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2021). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), 1169–1176. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.31511
Bulan, T. P. L., Junaida, E., & Maitama, M. H. (2021). Daya Tarik Wisata, Motivasi dan Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Berawe. Jurnal Akuntansi Audit Dan Perpajakan Indonesia (Jaapi), 2(1), 115–123.
Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13. https://doi.org/10.30659/jkr.v4i1.36639
Dewi, N. P. W., & Mertayasa, I. G. A. (2023). The Effect of Tourism Attraction , Facilities and Social Media on the Decision to Visit Tourists to Taman Denbukit Camping Ground , Sukasada District , Buleleng Regency , Bali. Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora (JAKADARA), 02(01), 33–46.
Elia, A., & Dkk. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariete SPSS 26 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Harmoni, J., & Bangsa, N. (2023). Jurnal Harmoni Nusa Bangsa Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Di Indonesia. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(1), 57–66. http://stipram.co.id
Kristiutami, Y.P. (2017). Pengaruh Keputusan Berkunjung Terhadap Kepuasan Wisatawan di Museum Geologi Bandung (Vol. 4). Bandung. Diakses 16 Februari 2021 dari : https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1761
Nugraha, A. A. S. (2019). Pengaaruh Daya Tarik Wisata Kuliner Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Jalan Sinar Kabupaten Cianjur. Pelayanan Kesehatan, 2015, 3–13. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23790/4/Chapter I.pdf
Saputra, Niko (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Padang : Universitas Negeri Padang
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta
Ulwiyah, M. S. (2023). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 3(3), 473–479. https://journal.trunojoyo.ac.id/jkim%0APengaruh
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.






