PENGARUH DAYA TARIK EVENT DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE EVENT MEDAN RASA BANGKOK

Authors

  • Aina Aulia Nasution Politeknik Negeri Medan
  • Sarah Rouli Tambunan Politeknik Negeri Medan

Keywords:

Kata Kunci: Daya Tarik Event; Content marketing; Keputusan Berkunjung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik event dan content marketing terhadap keputusan berkunjung pada event Medan Rasa Bangkok 2025, yang merupakan bagian dari Roadshow Kuliner Viral Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan Google Form kepada masyarakat yang berusia ≥17 tahun dan telah mengunjungi event tersebut, dengan jumlah responden sebanyak 96 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik event dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung (p < 0,05), baik secara parsial maupun simultan. Nilai adjusted R² sebesar 0,79 menunjukkan bahwa kedua variabel mampu menjelaskan 79% variasi keputusan berkunjung, sedangkan 21% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kata Kunci: Daya Tarik Event; Content marketing; Keputusan Berkunjung

References

Arrazi, I. M., & Nugraha, H. S. (2021). Pengaruh Daya Tarik Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Kawasan Kota Lama Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 890–899. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29886

Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13. https://doi.org/10.30659/jkr.v4i1.36639

Dewi, N. P. W., & Mertayasa, I. G. A. (2023). The Effect of Tourism Attraction , Facilities and Social Media on the Decision to Visit Tourists to Taman Denbukit Camping Ground , Sukasada District , Buleleng Regency , Bali * Corresponding Author : demertayasa1970@gmail.com. 02(01), 33–46.

Hurdawaty, R., & Pusphanjali, P. (2022). Event MICE Sebagai Daya Tarik Pengunjung. Journal of Tourism and Creativity, 6(1), 15. https://doi.org/10.19184/jtc.v6i1.27783

Kuswardani, D. (2020). Model Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Di Kota Semarang. Jurnal Industri Pariwisata, 2(2), 130–143. https://doi.org/10.36441/pariwisata.v2i2.39

Lakeisha, D. P. (2024). Suci Utami Wikaningtyas.

Nisa, N. C. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung Wisatawan (Studi Empiris Pada Taman Kreasi Alam Jatimori Ponorogo).

Saliin, E. (2023). Social Media Marketing. In Social Media Analyticsin Predicting Consumer Behavior (Issue September). https://doi.org/10.1201/9781003200154-2

Sari, N., MS, M., & Erlina, E. (2023). Digital Content Marketing Influences People to Visit Tourist Destinations. International Journal of Advances in Social Sciences and Humanities, 2(3), 212–221. https://doi.org/10.56225/ijassh.v2i3.244

Downloads

Published

2025-11-29

How to Cite

Aina Aulia Nasution, & Tambunan, S. R. (2025). PENGARUH DAYA TARIK EVENT DAN CONTENT MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE EVENT MEDAN RASA BANGKOK. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis (JMDB), 4(2), 75–81. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/JMDB/article/view/14985

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.