UPAYA PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA SWALAYAN MAHARANI DEMAK

Authors

  • Utia Tsalitsa Dian Nuswantoro University
  • Diana Aqmala Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/jmdb.v4i1.12652

Keywords:

kepercayaan pelanggan, persepsi harga, word of mouth, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya penjualan Swalayan Maharani dalam beberapa tahun terakhir akibat persaingan dengan swalayan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pelanggan, persepsi harga, dan promosi dari mulut ke mulut terhadap keputusan pembelian di Swalayan Maharani Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan mencakup regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga yang kompetitif juga memengaruhi keputusan konsumen, karena mereka cenderung membandingkan harga sebelum membeli. Selain itu, word of mouth juga terbukti memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

References

Amron, A., Panjaitan, R., Putra, F. I. F. S., & Syah, I. (2024). Enhancing Indonesian Hotel Performance Through Distribution-Market Orientation and Value-Centric Innovation in Distribution. Journal of Distribution Science, 22(5), 27-37.

Baskoro, D. A., Ahsan, J., & Nasir, M. (2023). Analisis Atribut Toko Dan Keputusan Pembelian Di Swalayan Maju Bersama Medan. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 4(2), 181–190. https://doi.org/10.46510/jami.v4i2.150

Cahya, A. D., Annisa, I. N., Setiawan, F. B., & Dharmanisa, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Service Quality Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus UKM Bakpia Boomber Mas Raga Gunung Kidul). Jurnal Daya Saing, 7(2), 168–173. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.677

Hidayaturohmah, S. N., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Prima Komputer Demak). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3633–3643. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2557/1412

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143

Kinasih, R., Damar, H., Usman, U., & Zakaria, F. (2025). A Service Quality Analysis in Small Maintenance and Repair Company Using Lean Six Sigma Approach. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 9(1), 63-73.

Kotler, P., dan Keller, K, L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2.Jakarta.

Mahmud, Putra, F. I. F. S., & Rahayuningtyas, T. E. (2024). Pure-In: Exploring Customer Satisfaction Performance to Increase Repurchase Intentions. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(2), 489-504.

Octasari, P., Moko, W., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Brawijaya, U. (2018). Pengaruh Lokasi,Produk,harga Dan Pelayanan Terhadap Keptuan Konsumen Berbelanja Di Swalayan Avan Sawojajar Malang.

Pangestu, A. K., & Talumantak, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk,Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Total Buah Swalayan Cinere Depok. 7, 12281–12290.

Putra, F. I. F. S., Budiantoro, R. A., Luxfiati, B. A., & Widawati, M. W. (2020). Consumer Satisfaction Behavior Whom Purchase Chinese Smartphone In Soloraya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(3), 588-596.

Putra, F. I. F. S., Subagyo, H., Budiantoro, R. A., & Haziroh, A. L. (2022). Digital-based economic recovery program for MSMEs in Indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 18(1), 14-31.

Selly, & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Secara Online Oleh Mahasiswa Di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 1–8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sumardy, M. S., & Melone, M. (2011). The Power Of Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-05-29

How to Cite

Tsalitsa, U., & Aqmala, D. (2025). UPAYA PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA SWALAYAN MAHARANI DEMAK. Jurnal Manajemen Dan Dinamika Bisnis (JMDB), 4(1), 41–50. https://doi.org/10.33633/jmdb.v4i1.12652

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.