UPAYA PENINGKATAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA SWALAYAN MAHARANI DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.33633/jmdb.v4i1.12652Keywords:
kepercayaan pelanggan, persepsi harga, word of mouth, keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya penjualan Swalayan Maharani dalam beberapa tahun terakhir akibat persaingan dengan swalayan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pelanggan, persepsi harga, dan promosi dari mulut ke mulut terhadap keputusan pembelian di Swalayan Maharani Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden. Teknik analisis data yang digunakan mencakup regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, serta uji asumsi klasik menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga yang kompetitif juga memengaruhi keputusan konsumen, karena mereka cenderung membandingkan harga sebelum membeli. Selain itu, word of mouth juga terbukti memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.References
Amron, A., Panjaitan, R., Putra, F. I. F. S., & Syah, I. (2024). Enhancing Indonesian Hotel Performance Through Distribution-Market Orientation and Value-Centric Innovation in Distribution. Journal of Distribution Science, 22(5), 27-37.
Baskoro, D. A., Ahsan, J., & Nasir, M. (2023). Analisis Atribut Toko Dan Keputusan Pembelian Di Swalayan Maju Bersama Medan. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 4(2), 181–190. https://doi.org/10.46510/jami.v4i2.150
Cahya, A. D., Annisa, I. N., Setiawan, F. B., & Dharmanisa, A. L. (2021). Analisis Pengaruh Service Quality Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus UKM Bakpia Boomber Mas Raga Gunung Kidul). Jurnal Daya Saing, 7(2), 168–173. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.677
Hidayaturohmah, S. N., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Prima Komputer Demak). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3633–3643. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2557/1412
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
Kinasih, R., Damar, H., Usman, U., & Zakaria, F. (2025). A Service Quality Analysis in Small Maintenance and Repair Company Using Lean Six Sigma Approach. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 9(1), 63-73.
Kotler, P., dan Keller, K, L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2.Jakarta.
Mahmud, Putra, F. I. F. S., & Rahayuningtyas, T. E. (2024). Pure-In: Exploring Customer Satisfaction Performance to Increase Repurchase Intentions. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 9(2), 489-504.
Octasari, P., Moko, W., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Brawijaya, U. (2018). Pengaruh Lokasi,Produk,harga Dan Pelayanan Terhadap Keptuan Konsumen Berbelanja Di Swalayan Avan Sawojajar Malang.
Pangestu, A. K., & Talumantak, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk,Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Total Buah Swalayan Cinere Depok. 7, 12281–12290.
Putra, F. I. F. S., Budiantoro, R. A., Luxfiati, B. A., & Widawati, M. W. (2020). Consumer Satisfaction Behavior Whom Purchase Chinese Smartphone In Soloraya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(3), 588-596.
Putra, F. I. F. S., Subagyo, H., Budiantoro, R. A., & Haziroh, A. L. (2022). Digital-based economic recovery program for MSMEs in Indonesia. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 18(1), 14-31.
Selly, & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Secara Online Oleh Mahasiswa Di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1), 1–8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sumardy, M. S., & Melone, M. (2011). The Power Of Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen dan Dinamika Bisnis (JMDB)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Which means you are free to:- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.






