Penerapan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Dini Penyakit Udang Vannamei Pada Budidaya Udang Berbasis Android

Felicia Gunadi, Rinabi Tanamal

Abstract


Udang vannamei juga dikenal sebagai White leg shrimp pada saat ini sangat terkenal di kalangan pembudidaya udang di Indonesia. Apalagi di saat pandemi seperti ini kebutuhan udang vannamei di pasar internasional maupun pasar domestik mengalami banyak permintaan. Tidak menutup kemungkinan budidaya udang vannamei ini sangat berpotensi besar untuk membantu perekonomian di Indonesia. Meskipun udang vannamei mempunyai ketahanan terhadap penyakit dan tingkat produktivitasnya yang tinggi tidak bisa dipungkiri karena adanya faktor cuaca, kualitas air dan pangan yang memungkinkan udang vannamei rentan terkena penyakit. Maka dari itu akan membuat penurunan produksi jika terjadi kelalaian pada sistem budidaya udang itu sendiri. Penurunan produksi ini berakibat bisa melemahkan tingkat perekonomian Indonesia khususnya ekspor di bidang perikanan.  Pada saat ini pengecekan udang vannamei dilakukan secara manual dan dilakukan oleh staf yang kurang berkompeten sehingga hasilnya pun kurang akurat yang berakibat kerugian besar terhadap para pemilik pembudidaya udang. Dari hasil penelitian ini, diterapkanlah pada budidaya udang yaitu merancang dan membangun sistem pakar untuk mendiagnosis secara dini penyakit udang vannamei dengan metode forward chaining berbasis Android. Penerapan ini agar petambak dapat mendiagnosis udang vannamei dengan lebih akurat dan mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh pembudidaya udang vannamei. Penggunaan Android sendiri dilakukan untuk membantu user dalam pengecekan lapangan menggunakan ponsel, melalui metode Forward Chaining user akan memilih gejala penyakit yang dialami oleh udang. Kemudian setelah user memilih gejala, akan muncul data penyakit dan user akan mendapatkan solusi atau pencegahan dari penyakitnya.


Full Text:

PDF

References


L. Rosyidah, R. Yusuf and R. H. Deswati, "Sistem Distribusi Udang Vaname di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur," Buletin Ilmiah “MARINA” Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, vol. 6, no. 1, pp. 51-60, Juni 2020.

I. Purnamasari, M. Saad, M. Ali, Muntalim and M. H. Ardiansya, "Upaya Pengembangan Usaha Budidaya Udang Vanname (Litopenaeus Vannamei) di Desa Sidokumpul Kecamatan Lampngan Kabupaten Lamongan," Jurnal Grouper, vol. 10, no. 1, pp. 18-22, April 2019.

E. Adiacahya, S. Koesdarto and G. Mahasri, "Korelasi Antara Padat Tebar Dengan Infestasi Ektoparasit Pada Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Di Tambak Super Intensif," Jurnal Sain Veteriner, vol. 38, no. 2, pp. 135-143, Agustus 2020.

Y. Gao, Z. He, H. Vector, B. Zhao, Z. Li, J. He, J.-Y. Lee and Z. Chu, "Effect of Stocking Density on Growth, Oxidative Stress and HSP 70 of," Turkish Journal of Fisheries and Aquatic Sciences, vol. 17, no. 5, pp. 877-884, February 2017.

R. . B. Salampessy and Setyaningrum, "Pengolahan Udang Vannamei (Litopenaeaus Vannamei) Kupas PDTO (Peeled Deveined Tail On) Masak Beku di PT. Panca Mitra Multi Perdana, Situbondo - Jawa TImur," Jurnal Kelautan dan Perikanan Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 27-36, Juni 2020.

R. Tanamal, Y. Nurdiansyah and F. Firdaus, "Inventory Support System for Retail Shop," E3S Web of Conferences, vol. 188, p. 7, September 2020.

F. Azmi, T. M. Faisal, A. Suransyah, S. Sinaga and A. Firli, "Identifikasi Penyebab Kegagalan Panen Petani Tambak: Inventory, Dan Implikasi Biosecurity Perikanan Kota Langsa," Samudra Akuatika, vol. 1, no. 2, pp. 26-35, November 2020.

S. Rakasiwi and T. S. Albastomi, "Sistem Pakar DIagnosa Penyakit Udang Vannamei Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web," Jurnal SIMETRIS, vol. 8, no. 2, pp. 647-654, November 2017.

T. Sharma, N. Tiwari and D. Kelkar, "Study of Difference Between Forward and Backward Reasoning," International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, vol. 2, no. 10, pp. 271-273, October 2012.

A. S. Pangestu and R. Tanamal, "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Mobile Untuk Mendiagnosis Penyakit Kulit Pada Kucing Persia," TEKNIKA, vol. 9, no. 2, pp. 81-87, November 2020.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v6i2.4612

Article Metrics

Abstract view : 309 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: