Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMA Negeri 13 Semarang

Miranda Ayu Damayanti, Sudaryanto Sudaryanto

Abstract


Pada saat era globalisasi teknologi saat ini, kebutuhan informasi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu lembaga. Dengan pemanfaatan dan penerapan teknologi informasi, kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain dapat diorganisasikan menjadi sebuah file basis data, dimana data-data diorganisasikan kemudian disimpan kedalam komputer untuk memudahkan pemakai dalam mengakses data. Namun pemanfaatan teknologi informasi belum dimanfaatkan seefektif mungkin pada SMA Negeri 13 Semarang. SMA Negeri 13 Semarang masih menggunakan sistem manual untuk mendukung kegiatan proses belajar mengajar. Baik dalam penilaian, absensi, maupun kegiatan administrasi, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, dan hasilnya pun belum tentu akurat. Oleh karena itu, permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun suatu aplikasi sistem infomasi akademik sekolah berbasis website untuk mendukung kegiatan oprasional pada sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah Rapid Application Development (RAD). Sedangkan untuk perancangan sistem alat yang dipakai adalah Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari usecase diagram, sequence diagram, class diagram, dan activity diagram. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi sistem akademik sekolah berbasis webite, sebuah web yang dibuat untuk mempermudah aktifitas akademik di SMA Negeri 13 Semarang.


Full Text:

PDF

References


L. B. Adam, R. Pratama, F. S. Jumeilah, P. Studi, S. Informasi, and S. I. Akademik, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMA Negri 21 Palembang,” no. x, pp. 1–10, 1978.

P. Studi, P. Teknologi, I. Universitas, and I. Negeri, “Baiturrahmah Padang Dengan Pendekatan Model Rapid Application Development ( RAD ),” pp. 123–134.

S. Y. Malagandi and K. Siahaan, “Informasi Akademik Berbasis Web ( Studi Kasus : Smp Negeri 5 Kota Jambi ),” vol. 2, no. 3, pp. 549–572, 2017.

I. I. Journal, “IJIS Indonesian Journal on Information System ISSN 2548-6438,” vol. 2, no. September 2017, pp. 56–68.

V. S. Windyasari and A. Permana, “Analisa Sistem Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode RAD Berbasis Web ( Studi Kasus : SMA Permata Insani Islamic School ),” pp. 43–47.

M. D. Rahmatya, S. Kom, M. Kom, M. Faris, P. Sistem, and I. Unikom, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sma Pasundan 2 Bandung.”

R. Rosyidi and Purwadi, “Perancangan Pengembangan Arsitektur Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan TOGAF (Studi Kasus : STIMIK Amikom Purwokerto),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

K. Anam and A. T. Muharram, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Mursyidiyyah Al-‘Asyirotussyafi’Iyyah,” vol. 11, no. 2, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3544

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License