Sistem Informasi Pengelolaan Data Pasien Rawat Jalan Puskesmas Halmahera Kota Semarang

Malvin Harsono Halim, Suharnawi Suharnawi

Abstract


Dengan adanya teknologi informasi yang berjalan begitu cepat, saat ini banyak pekerjaan yang dapat diselesaiakan dengan mudah dan cepat. Puskesmas Halmahera Semarang merupakan salah satu instansi pemerintahan yang bergerak di bidang kesehatan. Puskesmas Halmahera memiliki visi/misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan professional untuk masyarakat di kota Semarang. Saat ini proses pendaftaran pasien di Puskesmas Halmahera Semarang masih dilakukan secara manual. Pasien harus datang ke puskesmas untuk melakukan pendaftaran untuk mendapatkan nomor antrian sesuai poli yang diinginkan. Pasien harus menunggu layanan pemeriksaan cukup lama, dari waktu saat pasien mendaftar. Lama waktu tunggu antrian pasien sebelum diperiksa disebabkan belum adanya sistem informasi untuk mengatur bagian pendaftaran pasien di puskesmas tersebut. Oleh karena itu perlu dibuat sistem informasi pengelolaan data pasien rawat jalan dengan harapan supaya waktu tunggu antrian sebelum pasien diperiksa dapat dipersingkat. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah metode web engineering. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah metode blackbox. Aplikasi pendaftaran rawat jalan ini dibuat berbasis online melalui website, sehingga pasien tidak perlu mengantri di puskesmas untuk mendapatkan nomor antrian.

Full Text:

PDF

References


Pusat Kesehatan Masyarakat, vol. 75, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2014.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 7, Jogja: Andi, 2012.

J. S. Johni S Pasaribu, "Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Klinik Sehat Margasari Bandung," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 3, p. 13, Agustus 2017.

A. N. S. Pradikta Andrianto, "Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas," Seminar Nasional Komputer dan Informatika, p. 6, 2017.

Jogiyanto, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 1995.

Pusat Kesehatan Masyarakat, vol. 75, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 2014, p. 24.

Trihono, Arrimes : Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat, Sagung Seto, 2005, p. 188.

R. G. Murdick, Management Information Systems: Concepts and Designs, Prentice Hall, 1980, p. 688.

L. B. Jeffrey Whitten, Systems Analysis and Design Methods 7th edition, vol. 7, McGraw-Hill/Irwin, 2005, p. 768.

L. Dwiartara, Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP, 1 ed., vol. 1, Bogor, Jawa Barat: Ilmu Website, 2010, p. 171.

R. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL, Yogyakarta, DIY: Andi Publisher, 2012, p. 452.

R. A. d. M. S. Dini hariyati, "Pembangunan Sistem Informasi Rawat Jalan Berbasis Web dengan Fitur Mobile pada Puskesmas Tarok Kota Payakumbuh," Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, p. 7, 2017.

R. S. Pressman, Web Engineering: A Practitioner’s Approach, New York: Mcgraw-Hill, 2009, p. 474.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.2799

Article Metrics

Abstract view : 994 times
PDF - 837 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




akun pro jepanghttps://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://elijo.umpwr.ac.id/blog/sensorgacor/https://e-learning.asia.ac.id/products/turbox500/kakekslotturbox500https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/

Index by: