Aplikasi Genetika Untuk Penjadwalan Mata Pelajaran di SMAN 3 Semarang

Restu Agung Pamuji, Junta Zeniarja, Abu Salam

Abstract


Merencanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat penting dan rumit. Ini bukan masalah serius ketika sekolah memiliki sejumlah kecil kelas dengan minimal pertemuan belajar mengajar. Tetapi itu akan menjadi masalah dalam hal jumlah kelas, ruang dan jumlah guru yang terbatas. Contoh masalah yang sering muncul adalah sulitnya menempatkan slot waktu untuk menghindari bentrokan. Untuk alasan ini, diperlukan suatu aplikasi untuk membangun sistem perencanaan dengan meminimalkan kesalahan perencanaan sehingga kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara optimal. Metode penjadwalan pelajaran ini menggunakan pendekatan algoritma genetika. Algoritma genetika merupakan pendekatan komputer yang diinspirasi oleh teori genetika untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan optimasi. Hasil penerapan algoritma genetika sebagai pendekatan untuk mengoptimalkan perencanaan mata pelajaran sekolah telah menghasilkan nilai fitness yang optimal. Kemudian diuji dari faktor correctness, menghasilkan sejumlah error hingga 0 baris. Diuji secara fungsional tidak menghasilkan fungsi primer dan sekunder yang tidak berfungsi dengan benar. Diuji dengan faktor portabilitas dalam mencoba berbagai aplikasi, dapat bekerja dengan baik di semua lingkungan.

Kata kunci : Penjadwalan , Algoritma Genetika


Full Text:

PDF

References


D. D. P. Sari, W. F. Mahmudy, and D. E. Ratnawati, “Optimasi Penjadwalan Mata Pelajaran Menggunakan Algoritma Genetika ( Studi Kasus : SMPN 1 Gondang Mojokerto ),†Univ. Brawijaya, vol. 5, no. 13, pp. 1–9, 2015.

E. Satriyanto, “Algoritma Genetika,†informatika.web.id, 2011. [Online]. Available: http://informatika.web.id/algoritma-genetika.htm. [Accessed: 15-Mar-2014].

E. Suhartono, “DENGAN ALGORITMA GENETIKA ( Studi Kasus di AMIK JTC Semarang ),â€Infokam, vol. 2, pp. 132–146, 2015.

E. Desiana, “Performance Algoritma Genetika (GA) Pada Penjadwalan Mata Pelajaran,†J. Nas Inform. dan Teknol. Jar., vol. 1, no. 1, pp. 56–60, 2016.

P. Universitas and D. Nuswantoro, “Penjadwalan Perkuliahan Otomatis Berbasis Fuzzy Logic dan Genetic Algorithm,†vol. 14, no. 4, pp. 315–328, 2015.

Perkuliahan dengan Menggunakan Algoritma Genetika ( Studi Kasus : AMIK MDP , STMIK GI MDP dan STIE MDP ),†J. STMIK GI MDP, pp. 1–7, 2013.




DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v4i1.2550

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

  

JOINS (Journal Of Information System) licensed by Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License