Pemodelan Perilaku Musuh Menggunakan Finite State Machine (FSM) Pada Game Pengenalan Unsur Kimia

Authors

  • Tito Bimantoro Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro
  • Hanny Haryanto Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.33633/jais.v1i3.1254

Abstract

Pembelajaran kimia mempunyai peran penting dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Kurangnya pemahaman terhadap pembelajaran unsur-unsur kimia pada siswa Sekolah Menengah Atas membuat mereka belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan. Hal ini dikarenakan cara mereka memperoleh informasi dan motivasi diri belum tersentuh oleh metode yang benar-benar dapat membantu mereka. Para siswa kesulitan untuk memahami konsep-konsep akademis karena metode mengajar yang selama ini digunakan oleh guru hanya terbatas pada metode ceramah. Salah satu metode yang dapat lebih membantu dalam pembelajaran adalah melalui media game. Sistem agen cerdas juga dibutuhkan untuk menambah pengalaman bermain game dengan tantangan-tantangan, sehingga materi yang diberikan dapat lebih dipahami dan menambah minat siswa dalam proses belajar. Model kecerdasan buatan yang digunakan adalah Finite State Machine (FSM) yang digunakan untuk merancang perilaku agen cerdas musuh dalam game. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan buatan pada perilaku musuh dalam game pembelajaran pengenalan unsur-unsur kimia menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk membantu pembelajaran siswa SMA/MA. Kata Kunci: Game Edukasi, Finite State Machine, Unsur Kimia

Downloads

Published

2016-10-31