Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Pengajar Menggunakan Metode Profile Matching (Studi Kasus pada ELTI Gramedia Tasikmalaya)

Egi Badar Sambani, Dadang Mulyana, Irfan Maulana

Abstract


Pengajar merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan  secara  keseluruhan,  yang harus  mendapat  perhatian  yang utama, Dalam mengambil keputusan kelayakan penerimaan Pengajar yang dilakukan di ELTI Gramedia Tasikmalaya itu sendiri bersifat subjektif serta penilaian dilakukan secara konvensional dan belum adanya sistem berupa sistem pendukung keputusan kelayakan penerimaan Pengajar yang terkomputerisasi yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Dengan dilakukan pengambilan keputusan secara subjektif sering terjadi perdebatan diantara learning center manager dan academic coordinator dalam melakukan diskusi pada saat akan dilakukan pengambilan keputusan kelayakan penerimaan Pengajar karena adanya perbedaan sudut pandang diantara keduanya terhadap personality yang dimiliki calon Pengajar terutama jika beberapa calon Pengajar memiliki kemampuan (dan beberapa pertimbangan lain) yang tidak jauh berbeda, sehingga harus ada sistem yang lebih efektif dan objektif sebagai pendukung keputusan kelayakan penerimaan Pengajar. Dengan adanya sistem pendukung keputusan melalui penerapan metode profile matching diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan objektifitas dalam membantu  pemberian keputusan kelayakan penerimaan Pengajar.

 

Kata Kunci — Sistem Pendukung Keputusan, Pengajar, Profile Matching, ELTI Gramedia Tasikmalaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/jais.v1i2.1187

Article Metrics

Abstract view : 586 times
PDF - 1187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Journal of Applied Intelligent System (e-ISSN : 2502-9401p-ISSN : 2503-0493) is published by Department of Informatics Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

 

Journal of Applied Intelligent System indexed by :


This journal is under licensed of Creative Commons Attribution 4.0 International License.