Wujud Determinisme Teknologi dalam Audiobook untuk Meningkatkan Minat Baca

Rierind Koniyo, Gita Juniarti, Fatmawaty Damity

Abstract


Reading habit merupakan kegiatan individu yang berkaitan dengan motivasi dan keingintahuan individu terhadap informasi yang dibutuhkan, sehingga individu akan memilih buku yang tepat untuk dikonsumsi guna menjawab keingintahuan individu tersebut. Teknologi pun mulai hadir dan perlahan mengubah reading habit individu, khususnya mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peran teknologi dalam mengubah reading habit mahasiswa di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Fakulta Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi. Penelitian ini menggunakan teori determinisme teknologi dan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknologi mendatangkan perubahan positif. Perubahan pertama berupa habit mahasiswa mencari review buku yang telah dijadikan konten di Youtube, Twitter, dan Instagram. Perubahan kedua berupa menjadikan media sosial sebagai pedoman untuk mencari dan membaca buku. Perubahan lainnya adalah sistem membeli buku dengan menggunakan e-commerce, hadirnya buku dengan mengandalkan audiovisual, dan terjalinnya komunikasi antara individu yang memiliki hobi membaca dan berdomisili di Gorontalo dengan individu yang memiliki hobi yang sama di negara maupun daerah lain. Perubahan reading habit ini menunjukkan sesuatu yang positif, namun mahasiswa masih perlu untuk meningkatkan minat baca lagi dengan mengandalkan media sosial tersebut.

Kata Kunci: Reading habit, teknologi, determinisme teknologi, Gorontalo


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i1.7869

Article Metrics

Abstract view : 345 times
PDF - 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.