Evaluasi Strategi Komunikasi Humas Kota Semarang dalam mensosialisasikan program Semarang Wegah Nyampah sebagai bagian dari pengembangan Citra Kota

Sinta Pramucitra, Errika Dwi Setya Watie, Fajrianoor Fanani

Abstract


Sosialisasi dari Pemkot Semarang mencanangkan program “Semarang Wegah Nyampah” sejak dua tahun yang lalu. Keberhasilan program didasarkan pada strategi yang dikembangkan untuk melaksanakan program tersebut, namun masih terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi komunikasi program “Semarang Wegah Nyampah”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan wawancara serta observasi lapangan dalam pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukan strategi komunikasi yang dilakukan Humas Kota Semarang dalam mengkomunikasikan “Semarang Wegah Nyampah” menggunakan teknologi digital dengan memanfaatkan media sosial Instagram sebagai saluran pesan. Strategi ini memiliki berbagai hambatan mulai dari rendahnnya interaksi digital dan sumber daya manusia. Penting mengkomunikasikan secara berkesinambungan dengan konsistensi agar informasinya dapat membentuk pengetahuan dan kesadaran yang merubah kebiasaan.

Kata kunci: Strategi Komunikasi, Humas, Citra Kota, Semarang


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.6343

Article Metrics

Abstract view : 382 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.