Pemahaman Humas Lembaga Perguruan Tinggi Tentang Reputasi di Era Digital Public Relations

Adzkia Kirana Dipa, Hanny Hafiar, Agus Rahmat

Abstract


Reputasi universitas secara online pada era digital public relations sangat berharga mengingat  karena menentukan sikap masyarakat terhadap institusi. Praktisi humas harus  kemampuan perusahaan untuk memenuhi visibilitas dan stabilitas reputasi di media online yang akan menjadi representasi kolektif yang ada di benak khalayak tentang suatu organisasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemahaman humas mengenai penggunaan dunia digital dalam menjalankan tugas mereka, yaitu membangun reputasi yang saat ini online reputation selalu diperbincangkan dan merupakan asset penting.  Peneliti melihat apakah situs web dan media sosial sebagai media digital telah dipahami secara holistik oleh para praktisi hubungan masyarakat di lembaga perguruan tinggi, kemudian peneliti juga berusaha untuk menila penggunaan media digital ini telah dipahami praktisi humas kemudian mendorong mereka untuk berpikir secara berbeda sehubungan dengan kebutuhan dan perkembangan komunikasi dengan publik. Peneliti menyarankan agar praktisi humas lembaga perguruan tinggi perlu mempelajari keterampilan baru dalam memahami dan menjalankan web 2.0 dan media sosial untuk memasukkan dan menggunakan pendekatan model komunikasi interaktif dua arah dalam strategi komunikasi dan mempermudah pekerjaan mereka.

 Kata kunci: Digital Public Relations; Pemahaman Humas, Reputasi Secara Online 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.6190

Article Metrics

Abstract view : 323 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.