Pengaruh Terpaan Tayangan Video YouTube Otodriver.com Terhadap Asosiasi Merek Mobil Pada Pengikut Akun

Authors

  • Dhimas Luthfi Prabowo Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Mufid Salim Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Nunik Hariyanti Universitas Ahmad Dahlan
  • Rustono Farady Marta Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33633/ja.v5i1.5797

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak masyarakat yang mengandalkan perolehan informasi melalui sarana internet atau media online. Media online sendiri memiliki peran sangat penting dalam penyebaran informasi. Otodriver.com merupakan portal berita di internet khusus membahas mengenai otomotif. Berawal dari website www.otodriver.com lalu melebarkan sayap ke kanal YouTube dan menyajikan konten audio visual yang berisi tentang informasi mengenai kendaraan roda empat terbaru yang diulas secara lengkap oleh para ahli secara independen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan tayang video YouTube Otodriver.com terhadap asosiasi merek mobil terhadap pengikut akun. Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif eksplanatif dengan purposive sampling terhadap 100 orang pengikut akun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat 64,7% pengaruh terpaaan tayang dengan asosiasi merek mobil pengikut akun. Asosiasi merek merupakan pengalaman untuk mengidentifikasikan identitas pembeda antara suatu barang atau jasa lainnya. 

Downloads

Published

2022-09-11