STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS PUBLIC RELATIONS PT. LION MENTARI AIRLINES DALAM MERESPON KASUS KECELAKAAN PESAWAT LION AIR JT610

Muhammad Thoyib Amali

Abstract


Abstrak
Lion Air penerbangan JT610 yang beroperasi dari Jakarta ke Pangkal Pinang jatuh 13 menit
setelah lepas landas pada 29 Oktober 2018 lalu menewaskan seluruh penumpang dan awak
pesawat yang berjumlah 189 orang. Kecelakaan ini menyebabkan krisis yang menjadi perhatian
publik terhadap maskapai penerbangan yang telah banyak dikeluhkan oleh pelanggan terkait
manajemen pelayanan mereka. Menggunakan metode kualitatif deskriptif berdasarkan
Situational Crisis Communication Theory (SCCT) dengan data yang dikumpulkan melalui
dokumen berupa press release dan pemberitaan terkait kecelakaan tersebut, penelitian ini
mencoba mengidentifikasi dan mendeskripsikan bagaimana Public Relations PT. Lion Mentari
Airlines sebagai perusahaan yang mengoperasikan pesawat Lion Air menciptakan strategi untuk
mengelola dan menangani krisis tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Public
Relations PT. Lion Mentari Airlines menggunakan gabungan strategi respon krisis primer antara
strategi pengurangan (diminish) dan strategi pembangunan kembali (rebuild). Selain itu mereka
juga menggunakan strategi respon krisis sekunder berupa strategi memuji (ingratiation) dan
strategi korban (victimage).


Kata kunci: Komunikasi Krisis, Lion Air, Public Relations, Respon Krisis, SCCT.
 


Abstract
Lion Air Flight JT610 that operated from Jakarta to Pangkal Pinang crashed 13 minutes after
takeoff on 29 October 2018, killing all 189 people on board. This accident causing crisis that
drawing public attention towards the airlines that has been complained a lot by their customers
about their services management. Using descriptive qualitative method based on Situational
Crisis Communication Theory (SCCT) on data that collected through press release and news
related to the accident, this research tries to identify and describe how Public Relations
Department of PT. Lion Mentari Airlines, a company that operates Lion Air airlines creating
strategies to manage and handle the crisis. This study shows that Public Relations Department
of PT. Lion Mentari Airlines uses a combination of primary crisis response strategies between
diminish strategies and rebuild strategies. In addition, they also used secondary crisis response
strategies in the form of ingratiation strategies and victimage strategies.


Keywords: Crisis Communication, Crisis Response, Lion Air, Public Relations, SCCT.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v2i2.2709

Article Metrics

Abstract view : 435 times
PDF - 2847 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.