TEORI JANGKAR SEMANTIK PADA WARNA SERTA PENERAPANNYA PADA FOTOGRAFI IKLAN

Daniar Wikan Setyanto

Abstract


Abstrak
Penelitian ini merupakan wahana titik balik (back to basic), di mana kita akan
dibukakan kembali tehadap pentingnya elemen warna dalam aplikasi seni rupa.
Penelitian ini berusaha mengungkapkan warna sebagai bagian dari fenomena tanda
secara khusus penerapanya di desain komunikasi visual. Pemahaman ulang (yang
lebih dalam) mengenai warna meliputi psikologi warna, makna warna, dan proses
warna menjadi makna. Penelitian ini memperkenalkan teori â€jangkar semantik†yang
merupakan sebuah metode dalam membedah makna warna. Penelitian ini
menggunakan sampel warna merah yang diaplikasikan pada karya desain
komunikasi visual namun dalam implementasinya nanti teori jangkar semantik juga
bisa digunakan pada warna lainnya.
Kata kunci: Warna, jangkar semantik, semiotika, iklan, Desain Komunikasi Visual

Abstract
The study is a step backward point (back to basic), about the importance of color elements in the application of visual art. This research will reveal colors as part of the sign phenomenon specifically its application in visual communication design. Reunderstanding (deeper) about color includes color
psychology,
color
meaning,
and
color
process
into meaning.
This
study introduces
the "semantic
anchor"
theory,

which
is a method
of uncovering
color
meanings.
This
study
uses
red
as a sample

that
is applied
to visual
communication
design
work
but in its implementation
later
the
semantic
anchor
theory
can
also
be used
in
other colors.

Keywords: Colors, Semantic Anchor, Semiotic, Visual Communication Design
 



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.2688

Article Metrics

Abstract view : 837 times
PDF - 2021 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Lisensi Creative Commons
Audience Journal is published by Dian Nuswantoro University, Semarang. This Journal is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License.